nhk

Defensive Riding Training Yamaha Revs CBU; Cara Berkendara Dengan Moge

ManiakMotor – Semakin besar kapasitas motor, otomatis onderdil untuk kenyamanannya juga makin besar. Hasilnya adalah motor yang enak dikebut. Saking nyaman, sampeyan nggak  sadar sudah full gas. Padahal skill berkendara kurang, ada orang nyebrang panik situ deh.

 Karena itu komunitas Yamaha Revs CBU (YRC) Indonesia mengadakan defensive riding training (DFT) di Lapangan Parkir Pacuan Kuda, Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu 31 Mei. Motor yang digunakan adalah Yamaha YZF-R25, YZF-R15 dan juga moge YZF-R6 dan T-Max.

Inisiatifnya YRC Indonesia yang ngerti pentingnya safety riding di jalan raya seperti diceritakan di pengantar tulisan tadi. Ada 30 konsumen CBU Yamaha dari Jabodetabek mendapat elmu berkendara. ”Konsumen Indonesia harus tahu mengenai safety riding big bike. Maka Yamaha  memberikan edukasinya. Peserta sendiri yang meminta secara khusus acara ini,” papar Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia.

 Ketua Yamaha Revs CBU (YRC) Indonesia, Sjahroedin Fatulyakin, yang akrab disapa Illy berkomentar. “Ini untuk mengukur kemampuan dari masing-masing sampai di mana keterampilan berkendara motor besar, karena bukan soal kencang-kencangnyan, tapi soal keamanan diri,” ujar Illy.

Adapun teknis DFT  yang diajarkan Yamaha meliputi:1. Teknik dasar pengecekan sepeda motor sebelum berkendara (peserta diajarkan bagaimana cara melakukan pengecekan standar sepeda motor sebelum berkendara). 2. Cara hendling motor (peserta diajarkan cara berkendara yang benar seperti teknik dorong motor, mengangkat saat motor terjatuh dan memundurkannya).

Lalu ke-3 soal riding postur (posisi berkendara yang benar seperti pandangan mata, posisi lengan, posisi kaki, dan lain lain). 4. Slalom & full lock circle (peserta diajarkan cara mengontrol buka gas secara smooth saat berbelok). 5. Weaving balance & side winder (keseimbangan saat berkendara)

Terakhir ke-6. Trykhana (saat di track meliputi penggunaan gear, teknik berbelok, teknik pengereman, teknik membuka gas). Satu orang peserta diberikan kesempatan mengendarai motor satu kali pemanasan dan dua kali putaran.  MM

BACA JUGA

FOI Bertandang Ke Klub Fino Thailand

 

 

BAGIKAN