nhk

Deteksi Klakson Motor, Supaya Preeeet…!

Maniakmotor – Preeeeet…, nah tanpa bunyi klakson ini, pasti ada yang kurang pada motor brosist.  Manusia dan kendaraan lain, tidak akan dengar dengan tariakan dari balik helm; miiiinggir..! Karena sering dibunyikan dan sebab setrum, klaskson ogah preeet. Dia hanya mau suiiit..suiit.. tat kala cewek cantik menyebrang. Itu sih siulan si bro…

Jangan asal lembiru aja tuh klakson, masih bisa diperbaiki. Karena cara kerjanya juga ditunjang  kabel kelistrikan dan sakelar alias tombol di setang kemudi.  Juga aki sebagai sumber setrumnya harus di atas 12 volt. “Penyebabnya ya d iantara 4 komponen tadi,“ terang Faris dari Banyuwangi motor Jatim yang rajin berbagi ilmu di maniakmotor.com. Tengkyu ya bro.

Langsung lacak deh, pertama cari klaksonnya. Nyarinya jangan di toko sebelah tapi pada  seputar bodi motor. Contohnya di Honda Vario letaknya ada di balik cover body depan, dekat  aki. Lepas soket kabel kelistrikan yang ada di klakson (gbr-1). Di sana ada 2 kabel, tes pake avometer ada setrumnya  atau tidak (gbr-2). Jangan lupa kontak wajib ON, tombolnya juga mesti dipencet.

Bila kabel tadi ada arusnya tapi nggak mau preeet atau tit-tit…tiiiiit,   indikasinya klaksonnya yang rusak. Coba putar-putar dulu tuh setelannya sekrupya pake obeng plus dan kunci pas 5 (gbr-3). Jika tetap gak bunyi tandanya minta dilembiru  dilempar ganti yang baru. Tinggal ganti aja klaksonnya harga hanya Rp  30 rebuan.

Bila setrum nggak ada sama, belum tentu akinya, tetapi tombol klaksonnya. Maka silakan deteksi kabel positif dari aki yang ke tombol (gbr-4), gunakan avometer lagi buat memastikan adanya arus listrik dari aki. Bila ada strumnya, pasti tombolnya bermasalah. Biasanya  disebabkan kotoran yang menempel pada kutub-kutub tombol sehingga arus dari aki tidak tersalur mantap. Silaan bongkar (gbr-5)  sambil dibersihkan pake ampelas halus, yang enak pake cairan pembersih karat tinggal semprot macam  parfum pengusir BB alias bau badan. Srooot !!

Setelah tombol bersih monggo dirakit kembali. Coba pencet lagi lalu cek arus dikabel klakson tadi.    Kalo arusnya masih tidak ada berarti tombolnya. Juga, bila ada tapi suaranya putus-putus, pelat-pelat menghantar listrik pada tombol sudah pada kendur.  Caranya tinggal dibungkus  dan beli yang bagus.  GS

TIPS LAINNYA:

Tips Darurat Hujan, Isolasi Antiair Pakai Plastik

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Dan Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Dongkrak Performa Harian Yamaha RX-King

Fungsi Setelan Ulir (Klik) Pada Sokbreker Belakang

Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?


BAGIKAN