nhk

Deteksi Speedometer Macet

Maniakmotor – Tahu-tahunya kecepatan brosist 170 km/jam, angin saja kalah.  Padahal di speedometer  baru 40 km/jam. Yang salah bukan brosist, tetapi speedometernya yang ngaco. Tiba-tiba saja motor sulit dikendalikan, karena ngaconya speedometer. Hehehe, maunya pelan, nggak sadar kecepatannya sudah 100 km/jam tadi.

Selain itu, bisa-bisa brosist setiap bulan ganti oli atau malah nggak ganti sama sekali. Kan dengan    speedometer ngaco, odometer pencatat jarak tempuh juga ngawur. “Perangkatnya memang sederhana tapi berguna,” sahut Fandi mekanik AHASS Jember, Jatim, tuh kan saking ngaconya speedometer nyasar sampai ke Jember tipsnya.

Ada dua sistem kerja speedometer, yang pertama manual pake perantara kabel yang terhubung ke roda depan. Yang kedua elektrik, tapi hanya manual yang diulas sekarang. Selain motornya sudah pada tua dan pasti speedometer sudah banyak yang ngaco, apalagi bila nggak dirawat.

Langsung praktek, jangan banyak teori. Siapkan tang, obeng plus, kunci ring 14 dan 17, juga sarung tangan biar lebih safety. Sedia kopi plus air putih, rokok juga ok(kalau perokok). Lalu posisikan motor dengan standart tengah. Lanjutkan dengan membuka baut pengunci kabel speedo di roda depan menggunakan obeng plus untuk Honda Supra X atau Grand(gbr1).

Untuk matik Honda tinggal colok pakai obeng pada bagian penguncinya(gbr2).Beda lagi bila  brosist pengguna bebek atau skubek Yamaha yang ini justru pakai tang(gbr3). Lalu cek kabel speedo-nya(gbr4), kalo putus cari pacar lagi eh  cari penggantinya,  harga kabelnya cuma berkisar  Rp 25.000.

Bila kabel speedo-nya utuh lanjutkan membuka roda depan motor. Langsung cek pada gigi nanas-nya. Bisa jadi  macet akibat kotoran  (gbr5). Langsung dibersihkan deh pake air sabun atau deterjen. Beda lagi giginya “ompong” harus dibungkus alias dibuang beli yang bagus.

Gigi ini pada motor-motor baru bahannya terbuat dari plastik, jadi soal macet pasti datang. Tinggal tungu waktu, biasanya sih di atas 3 tahun. Langsung pinjam motor tetangga buat beli yang baru, harga gigi tadi sebelas duabelas dengan kabel speedo. Tapi ingat sebelum dipasang olesi dulu dengan gemuk biar lancar.

Setelah itu pasang kembali roda depan, coba jalankan motor sambil pelototin speedometernya. Jarumnya berhasil normal, silakan buka bengkel di depan rumah, kan sudah pinter betulin motor. Tetapi, jarum peedo tetap diam atau ngaco, panel speedometernya yang rusak. Kalau urusan ini nggak muat halamannya, mending langsung “dibungkus” atau tunggu tips berikutnya. Waduuh??? GS

TIPS LAINNYA:

Pasang Keran Karbu Vakum, Atasi Bensin Netes Melulu!

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Dan Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Ganti Pegas CVT Matik, Beban Berat Dan Akselerasi

Dongkrak Performa Harian Yamaha RX-King

Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?





 

 

 

 

BAGIKAN