nhk

Djarum 76 Trial Game Banyuwangi, Kompetisi Terukur dan Hiburan

 

ManiakMotorDua pembalap bersiap di stage start alias panggung start. Yang satu memacu Husqvarna 250TC dan  lain Kawasaki KX250F. Mereka akan adu cepat dalam  2 lap 900 meter dan menghadapi 15 handicap. Di sana ada  superbowl, papan titian, jumping 10 tong, 2 mobil, tabe top, dan sebagainya. Kedua kemampuan pembalap itu,  siap dicetak papan waktu (timing board) berukuran besar. It’s time to start bro! Itulah seri 5 Djarum 76 Trial Game 2012 (D76TG) di sirkuit Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Jatim (29-30/6). Sesuai judulnya, inilah kompetisi terukur penuh hiburan. Peserta menikmati lombanya, penoton menikmati aktraksinya. Di Indonesia baru D76TG yang bikin. Regulasi disusun sendiri yang fleksibel. Bisa diubah, bila ada masukan yang baik,” ujar Jim Sudaryanto selaku RC (racing committee). Makanya ini event terdaftar di pengprov IMI yang daerahnya disinggahi.  

Pintar juga panitia meramu permainan terukur dan menghibur. Maksud terukur sama dengan balap yang lain. Peserta kebut-kebutan dengan waktu dan lawan. Siapa tercapat dia juaranya. “Ya, kompetisi serius bukan sekadar sirkus. Fisik dan motor dipersiapkan betul, apalagi D76TG berlangsung 10 seri. Jago motocross atau supercross belum jaminan juara disini. Skill, fisik dan ketelitian jadi penentu. Salah sedikit, lewat,” nilai Deny Orlando dari Cargloss AHRS IRC Orlando Riding Forum. Dia crosser nasional yang sejak 2005 ikut D76TG.

Lalu yang disebut menghibur, penonton puas. Apalagi penonton gratis. Di saat sama, jantung mereka berdetak disambung histeris saksikan peserta melahap rintangan sambil bertanding. Penonton juga bisa iba tatkala peserta terjatuh dan kesakitan. Mereka akan  terpingkal-pingkal melihat kodok terbang. Itu umum dialami pemula saat jumping dan kaki lepas dari pijakan, tinggal tangan pegang setang. Nah, modelnya seperti seweke alias kodok. Kikiki…

Genta Auto & Sport (GAS) pelaksana D76TG menggelarnya malam seperti umumnya hiburan. Di Banyuwangi ini, ada 26 pembalap (65 starter) bermain diterangi lampu  200 KVA.  “Semua balap itu adalah rmainan (game), tujuannya untuk menampung hobi dan menghibur. D76TG sama saja,” tegas Tjahyadi Gunawan, punggawa GAS.

Unsur hiburan ditambah, lantaran sponsor menuntut lebih ramai. Trial game tadinya lebih kuat unsur entertain, jadi terbagi rata dengan kompetisi serius. Untuk itu, “Panggung hiburan harus diisi band kenamaan,” timpal Jim Sudaryanto, sutradara’ D76TG.

Merokok dulu ah. GS, Ardel

BERITA TERKAIT:
AHM Dalami Ilmu Safety Riding Di Motocross
Husqvarna TC250 Versi 2012, Penggaruk Tanah Jempolan
10 Crosser Patah Tulang, Ada Yang Patah 3 Bagian (Rontgen)
Mestinya Nasi Kuning Dulu, Baru Balap


BAGIKAN