nhk

Drag Bike 2013; Bebek Tune-Up Sudah Pakai Injeksi Canggih

 

ManiakMotor – Foto yang beredar di dunia maya ini menunjukan teknpologi injeksi sudah dipakai di lintasan kebut lurus di Thailand. Dari foto, terlihat motor tersebut adalah Honda Wave 125, atau di Indonesia Supra 125 PGM-Fi.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Perhatikan bagian katup kupu-kupu (butterfly) yang dipakai throttle body (TB) injeksi. Kalau karburator kan sistemnya skep. “Terakhir ke Thailand belum ada yang pakai Injeksi. Nggak tahu ya sekarang,” sebut Tomo dari Tomo Speed Shop dan Vincent dari Vincent Racing Galery, juragan variasi dan spare part matik balap yang sering wara-wiri ke sono. Di otak mereka mungkin sudah ada gambaran untuk beli lagi.

Tidak ada keterangan dalam foto tersebut, itu TB tepasang tegak lurus di atas lubang intake manifold yang pendek. TB yang terdeteksi bermerek Keihin tersebut berdiameter sekurang-kurangnya 32 mm. Juga masih tidak jelas kapasitas motor ini, pantat silindernya diganjal paking alumunium sekitar 2-3 cm yang artinya sudah diup-gade besar-besaran.

Velocity stack pada TB mencolok, selain gold yang terang juga ukurannya lumayan besar. “Velocity berguna untuk memaksimalkan flow bada TB tanpa airbox (filter udara). Ya sama saja seperti di karburator,” jelas Tomy Huang dari BRT (Bintang Racing Team), Cibinong, Jawa Barat.

Bukan tidak mungkin motor tersebut akan muncul di Indonesia, kan beberapa tim gemar membeli kuda besi siap tempur dari Thailand. Apalagi kelas Bebek 4-Tak sedang ramai-ramainya di sini. Adit

BACA JUGA

Drag Bike 2013; Hadir Ninja 200 cc Super FFA, 6,9 detik!

Drag Bike 2013; Jupiter Z Pele Ancam Bebek 200 cc, Pakai Quick Shifter..!

Drag Bike 2013; Empat Aktor Trek Lurus Indonesia, Nggak Tau Kalau Liar…!

 

 

 

BAGIKAN