nhk

Drag Bike 2013 Delta Mas Cikarang; Kopling Gosong Saat Start Pakai Rem Depan-Belakang

 

 

ManiakMotor – Lazim nama pembalap juara disebut saat pembagian piala. Disebut berulang karena yang  bersangkutan dapat podium 5 besar dalam beberapa kelas. Seperti pada GM Mizzle Drag Bike di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, 22 Desember, nama Imam Ceper sering dipanggil MC untuk naik podium. Termasuk nama-nama macam Bowo Samsonet, Saiful Cibef, Tokichi Kebo dan lainnya. 

Dari 17 kelas dimainkan, 10 diantaranya nama Ceper disebut. Ngetop dia. Padahal, ada 530- an starter lain yang ambil bagian. “Makanya dibuka kelas lokal wilayah 4 Jabar agar mereka kebagian,” kata Herdy Risch selaku penyelenggara. Wilayah 4 itu meliputi Purwakarta, Subang, Karawang dan Cikarang sendiri. Maka pembalap tersebut tidak akan bertemu nama-nama macam  Imam, Bowo, Cendy dan kawan-kawan. 

Tapi tetap saja akan bertemu Ayip Rosidi, Ardiansyah Ucil dan Yudistira Jebir yang domisili KISnya di Wilayah 4. Portal ini menyaksikan beberapa pembalap lokal harus gugur sebelum berperang. Ada yang jump start, melakukan kesalahan sendiri sampai motor yang tidak siap. 

Kebanyakan peserta gugup, ya gemetar sikile.  Malah ada pembalap yang harus balik badan ke paddock, kampas kopling Yamaha Mionya  gosong, “Dia terlalu tinggi gantung gas dan mengerem depan-belakang secara bersamaan di garis start. Harusnya hanya depan yang direm, agar roda belakang tetap ada gerakkan untuk membebaskan kopling di garis start,” kata Yong Mustofa selaku mekanik dari Yong Motor Nano Nano juga melihat kejadian tersebut. 

Pastilah beda joki punya jam terbang dan pemula di garis start. Joki macam Imam sudah terampil memposisikan roda depan agar pas pada dua garis sensor. Perlakuannya pada motor pun sudah di luar kepala, “Awal-awal saya turun drag juga seperti itu, tapi karena telah terbiasa jadi otomatis sudah tahu caranya,” kata Imam yang tinggi badannya sudah tak ceper lagi. 

Seperti yang terjadi pada Ridwan, salah seorang starter asal Karawang, Jawa Barat, “Saya sudah dua kali ikut event resmi, yang pertama jump start, dan sekarang saya berhasil start namun jauh timenya untuk tembus penyisihan,” sesalnya. 

Berarti pembalap pemula seperti Ridwan harus siap mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk belajar start atau ikut balapan lainnya. Berarti dengan biaya pendaftaran Rp 350.000 bisa menjajal start satu kali, dan satu kali lagi jika lolos ke final. Untuk belajar start saja harus keluar uang, sementara lawan-lawannya pembalap yang malah dikasih start money alias sekadar start saja dapat uang tenkyu. 

Tapi Itulah lebihnya joki profesional alias prof yang sudah mahir. Makanya para pemula, ayo latihan terus.  Jangan menyerah, nantinya juga jari prof sendirinya. Adit

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Cikarang Delta Mas, Jabar, 21 – 22 Desember 2013

Drag Bike 2013 Solo; ‘Hadir’ Suzuki FU Injeksi, Pakai Throttle Body CBR!

GM Drag Bike 2013 Delta Mas Cikarang; Honda Nova Dash Tercepat 7.1 Detik

Drag Bike 2013 Wates Jogja; Crypton Vs Jupiter Kompresi 14,5:1, Bebek 4-Tak 130 cc!

Drag Bike 2013 Delta Mas Cikarang, Sabrina Cantik Di Penyisihan Matik 200 Cc

BAGIKAN