nhk

Drag Bike 2013; Honda Sonic Pemegang Rekor 7.3 Detik, Ubah Konstruksi Persneling

ManiakMotor – Beginilah motor yang pegang rekor di kelas bergengsi bebek 200 cc. Sebut bebek kapasitas seperti itu, berarti telah tune-up dan korek habis. Itu Honda Sonic dalam tiga kali penampilannya selalu bermain di 7,3 detik dan paling cepat 7.391 detik. Catatan yang sudah bertahun-tahun hanya bermain 7.5 detik di kelas ini. Memang Satria FU Bima pernah di bawah 7.5 detik tapi saat itu ikutan di sport sampai 250 cc.

Sayangnya untuk melacak korek mengorek motor ini masih rada susah. Itu mesin motor belum pernah diurai, hanya ganti-ganti oli sejak datang dari Thailand. “Sampai saat ini saya belum pernah bongkar. Jadi tidak tahu menahu mengenai part di dalam mesin. Yang jelas di drag bike TDR Kudus beberapa bulan lalu sempat ada masalah pada soket CDI-nya lepas,” loncat Eko Chodox, joki yang dipercaya memacu Sonic tersebut.

Masih menurut loncat, eh, Chodox, mesin Sonic yang pakai head Honda CBR itu didesain punya power-band yang lebar. Tenaganya sejak tengah sampai ke atas. Jadinya power yang muncul tidak meledak-ledak dan membuatnya lebih nyaman membawanya. “Saya lihat di penuntuk rpm setiap ganti gigi bermain pada 14.000 rpm. Itu anehnya, mesin tidak terasa terbebani,” jelas Chodox.

Bartu lalu itu konstruksi tuas persnelingnya disesuaikan dengan ergonomik Chodox. Tadinya gigi satu diinjak dan gigi selanjutnya diungkit. Model begini, risiko miss-nya lebih besar. Chodox lebih suka gigi tetapu di mulut, eh, salah, maksudnya satu diungkit dan gigi selanjutnya diinjak. Sebab di drag bike tidak perlu memikirkan turun gigi, yang dipikirkan bagaimana proses tambah gigi sambung-menyambung nggak ada matinya.

Menurut Chodox proses pindah gigi saat ini lebih enak, tetapi ia tidak mau bicara soal mempertajam waktu sampai 7.2 detik. Peluang itu ada karena aslinya dengan start ala Thailand, Sonic ini bisa berlari di bawah 7 detik. Silakan nikmati foto-fotonya, sebab diceritakan detil secara modifikasi belum dapat data lengkap, karena belum bisa dibongkar. Tunggu saja. Adit

BERITA TERKAIT:

Drag Bike 2013 TDR Kudus; Honda Sonic Chodox 7.3 Detik Bebek S/d 200 cc, Rekor FU Disikat

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Sejarah Catatan Indonesia, 6,776 Detik Oleh Chodox Di FFA

Drag Bike 2013 Karanganyar; Hendra Kecil Tembus 4 Detik…!

Drag Bike 2013 Purworejo; Hatrick Dwi Batank, Best Time 7.270 Detik, Booo..!



BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353