nhk

Drag Bike 2013 Magelang, Jupi Pele Menyerah Dari FU Solo Dan Kolor Ijo Di Bebek 200 Cc!

 



ManiakMotor Sampai malam nih balapan. Tepat 18.30 WIB atau lepas Sholat Magrib suasana area start mendadak riuh. Karena  kembali diadunya Bebek Tune-Up S/D 200 cc. Ada 16 starter yang masuk final, ‘dipaksa’ lebih konsentrasi dibanding babak penyisihan, karena  matahari udah tenggelam di event Cargloss AHRS Castrol Power 1 Racing (CAP1R) di sirkuit Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 28 April 2013.

Hasilnya, Dwi Batank pemacu FU Solo tercepat dengan 07.605 detik. Itu lebih cepat 0.160 detik ketimbang babak penyisihan. FU Solo yang pernah mencetak 7.521 detik ini, katanya sttingan di penyisihan spuyer terlalu basah  (130/58). Makanya di final kembali dicekek lewat pilot-jet jadi 55. Untung nggak kenapa-kenapa tuh FU dicekek, seyem eh. “Maksudnya dibikin kering lagi karena saya tahu akan berlomba malam,” bilang Batank yang diamini Wawan Kristianto selaku juru koreknya.

Batank beberapa event di Jateng absen, lantaran kerap bermain di luar Jawa. Ia punya strategi sendiri saat final. Ia pakai jalur B karena lebih punya traksi yang bagus di areal start dibangding alur A yang licin. Makanya ia geser New Jupi Pele yang di babak penyisihan tercepat.

Arief Sigit alias Pele yang melihat hasil ini jadi irit senyum, keadaan lagi sepet. Kopi manis pun terasa pahit oleh Pele. Alasan Pele, masalah kampas kopling di babak penyisihan tak bisa teratasi. Timnya kesulitan cari kampas kopling orisinal Suzuki FR di Magelang. Padahal sebelum berangkat dari pedopakannya, itu kampas telah disiapkan, tapi tercecer alias tidak terbawa.

Itu didukunga Hendra Kecil sebagai pengebut Jupi Pele. Katanya,  pengaruhnya terasa saat oper gigi, “Perpindahannya jadi tak mulus,” jelas Hendra yang diangguki Jhon Pells yang jadi tandemnya. Keadaan ini membuat Hendra hanya ke-3. Kalau begitu coba ciptakan SSG  (Seamless Shift Gearbox) seperti di MotoGP. Itu teknologi itu bikin mulus dan tanpa jeda pada perpindahan gigi. Ya, siapa tahu Pele bisa bikin, ntar dijual ke Yamaha Factory Racing. Hehehe.  

Alasan yang sama dibangun FU Kolor Ijo yang dipacu Tony Chupank. Katanya ada miss antar gigi saat over persneling. Start juga kurang mulus, ban belakang spin. Karenanya Chupank hanya ke9. Lho kok, Alfan Chebonk yang joki lapis kedua Kolor Ijo justru bisa menakalinya. “Perpindahannya mesti  cepat dari kondisi normal. Tapi itu saya bisa lakukan, karena saya tak punya beban. Kan tidak diunggulkan,” kekeh ‘bocah’ 16 tahun dengan bobot 33 Kg itu yang finihs ke-2.

“Apapun hasilnya, bebek 200 tetap idola saat ini. Sayang Honda Sonic tak hadir. Jujur semua masih dibikin penasaran dengan motor berspek Thailand itu,” seru  Pele, Raditya dan Wawan.

Kalau dia datang makin jauh, kalee. Ardel

BERITA TERKAIT

Hasil Drag Bike Magelang 2013, 28 April 2013

Drag Bike 2013 Magelang, FU Kolor Ijo Dan FU Solo Kepung New Jupi Pele

Jelang Drag Bike Magelang dan Karanganyar, New Jupi Pele Tantang Honda Sonic..!

Drag Bike 2013 TDR Kudus; Honda Sonic Chodox 7.3 Detik Bebek S/d 200 cc, Rekor FU Disikat

Modifikasi Yamaha 125Z Drag Bike, Rekor 7,270 Detik Bebek 2-Tak 130 Cc

BAGIKAN