nhk

DRAG BIKE 2013 Pertamina Kebumen; FU Sikat Sonic Di Bebek 200 cc, 7.366 Detik, Ckckck..!

 

 

ManiakMotor – Benar cerita Raditya. Manajer tim K-Ijo Top  Jaya Yonk Jaya AHRS GM sekaligus tim Lembu Speed Sorong dari Nganjuk, Jatim itu, malah berkah teknologi Thailand ke Indonesia. Mekanik lokal yang seharusnya lebih paham duluan soal korek-mengorek underbone 4-tak, harusnya lebih kreatif.

Faktanya FU milik Kolor Ijo atau Lembu Speed mampu melewati rekor Bebek 200 cc di Indonesia yang 7.377 detik. Catatan 7.377 detik itu baru dicetak Honda Sonic di penyisihan Pertamina Enduro Drag Bike di Kebumen, Sabtu, 15 Juni kemarin.  “Kalaupun kalah, itu jadi pelajaran untuk riset ulang motor. Toh, dalam balap drag bike, joki adalah algojonya,” kalem Raditya, yang tampil beda dengan menghadirkan dua bidadari di paddocknya. Wah, kirain tuh cewek, hadiah…

Di jalan Pupus Sijago, Kebumen, Jateng, 4 joki Honda Sonic milik tim Marcelio Vincent’s RG harus mengakui mental Tony Chupank, joki FU Kolor Ijo. “Strategi utamanya di start, usahakan tak terpengaruh dengan hasil pembalap lain. Kosentrasi penuh, motor tak boleh liar saat berangkat,” ungkap Chupank dengan sumringah yang mengganti catatan Sonic di rekor tercepat Bebek 200 jadi 7.366 detik. Ruarrr biasa.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Dadang Japrong yang di babak penyisihan kemarin tampil ‘menggila’, seperti punya beban. “Dua kali pakai jalur A (kanan) selalu jump start. Ketiganya pakai jalur yang sama kena jump start lagi. Lampu jalur A seperti tak sama dengan jalur B,” pasrah Japrong yang seperti mendapat firasat tak enak saat ambil undian jalur dapat pilihan A.

Harapan, Marlon dan Vincent – pemilik Honda Sonic – sebenarnya belum pupus, mengingat masih ada Barra Wwedha dan Imam ceper yang belum start, “Power motor ini tak diragukan lagi, tapi tak mudah mengendalikannya motor yang sedang menjadi sorotan. Demam panggung juga,” kompak keduanya.

Fauzan Cong yang jadi juru korek FU Kolor Ijo coba membeberkan resep risetnya. Perlu ditanyakan, karena catatan 7.366 detik belum pernah ada di Bebek 200 cc, loh. “Kompresi saya bikin tinggi bangat, pokoknya di atas 13:1. Tetapi timing pengapian saya atur lebih rendah. Tadinya ini hanya teori, tetapi ternyata lebih halus putarannya. Torsi tidak datang tiba-tiba yang menguntungkan untuk start,” kata Fauzan.

Tetapi komposisi di atas harus menggunakan saluran buang yang bermutu tinggi. Makanya dipotonglah pipa kenalpot special engine KTM. Modelnya saya pinjam dari SE Husqvarna. “Ternyata tenaganya pas  dengan  settingan karbu PWK Air Strike 34 yang memang sudah besar,” tutup Fauzan.

Mantap ya. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Kebumen, Jateng, 15 – 16 Juni 2013

Drag Bike 2013 Pertamina Kebumen; FU 7.454 Detik Dan Sonic 7.377 Detik, Penyisihan

Pertamina Drag Bike 2013 Kebumen; RX-Z Abirawa ‘Didis’, Keycot 7.392 Detik Ketiban Duren

Pertamina Drag Bike 2013 Kebumen; Tiga Kelas Favorit Hadiah Mobil

BAGIKAN