nhk

Drag Bike 2013 Semarang; Jupiter Z (Bebek 130 cc) 8.098 Detik, Pakai Quick Shifter

 

ManiakMotorQuick shifter (QS) yang bikin perpindahan gigi tanpa jeda bukan sesuatu yang baru. Tapi akan baru bila di drag bike, kalau di mobil sih sudah lajim yang rpm sambung menyambung walau oper gigi. Makanya catatan Bebek 4T TU 130 cc lumayan fantastis dengan QS.

Caatatan 8.098 detik Yamaha Jupiter di joki Jhon Pells (Madura) di Bebek 4-Tak Tune-Up 130 cc jarang terjadi. Itu berdasarkan pantauan portal ini dari hasil lomba yang pernah dihimpun. Menariknya, Jupiter dengan bendera Bofas Tahir Exhaust Ong’s  (BTEO) punya sesuatu yang beda dibanding 30 starter lain di lintasan Tawang Mas dalam rangka Drag Bike Semarang, Jateng pada malam Minggu lalu atau 6 Juli 2013.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Diakui sendiri si Pells saat oper giginya yang cepat. Hanya dengan sedikit sentuhan kaki, “Gigi dengan cepat masuk,” bilang Jhon. Itu artinya, ‘quick shifter’ yang dimaksud tak seperti yang pernah dipakai di KTM 250 SX milik tim Anker Sport Hariot KeySpeed IRC Lupromax AHRS GM dan pernah diulas portal ini.

“Mungkin pernah tahu Kawasaki Edge dan Athlete yang dipakai Hadi Wijaya di Indoprix, ya mirip begitu. Prinsip kerjanya memperlambat waktu pengapian saat perpindahan gigi,” sebut Anton juru bicara BTERO lagi sambil tunjukan  ada sensor pada tuas persenelling. Oke, buat brosist yang masih penasaran detail kerja alat ini, akan diulas ulang di tulisan modifikasi.

Cuma kerjanya yang katanya mirip karya Ibnu Sambodo dari Manual Tech itu, portal ini juga tahu persis. Tapi teknologi itu sekarang nggak dipakai karena punya kelemahan. Terutama saat turun gigi. Cara kerjanya aat pindah gigi pengapian memaksa mesin terputus sedikit mengirim tenaga ke pada Koping. Perpindahan daya akan terputus sedikit dan tekanan pada girboks berkurang sehingga sepatu pemindah gigi enteng masuknya. Jadi gigi dengan mudah berpindah.

Yup, mengingat proses kemenangan Jhon Pells juga tak kalah menarik dengan ‘drama-drama’ ala pelaku kebut lurus. “Mendadak kita terima surat pernyataan, bahwa 16 finisher terbaik di kelas ini, menghendaki adanya babak final ulang. Padahal semua kelas memang sekali start atau langsung final. Alasan mereka starter kelas ini lumayan banyak, 30 starter,” ungkap Lilik Kusnandar selaku pimpinan lomba.

Uniknya, Dadang Japronk yang punya catatan waktu terbaik sebelumnya menyetujui bila ada ‘final’ ulang. “Semua motor kompetitif, kekuatan seimbang. Suara mayoritas menghendaki itu, meski terpaksa tapi demi kebersamaan akan lebih baik,” kata Japronk yang akhirnya harus puas di podium ketiga bertukar posisi dengan Pells yang awalnya ketiga. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Semarang, Jateng, 6 Juli 2013

Drag Bike 2013 Semarang; Ninja Standar Pemula 33 Starter

Drag Bike 2013 Semarang; FU Standar Pemula, APA TUH?

Drag Bike 2013 Minggu Ini; Ada Di Mana-Mana Bro..!

Drag Bike 2013 Pekalongan; Ini Kejurnas Bro? Ah… Maaaaaasak..?


BAGIKAN