nhk

Drag Bike 2013 Sentul; Wajib Ikut Buat Yang Rajin Riset

ManiakMotor – Drag bike di Sentul International Circuit bagi sebagian tim wajib diikuti untuk deteksi riset mereka ke depan. Kendati nggak ada promosi dari promotor event di Sentul Besar tersebut. Peserta  sudah tahu jadwalnya. Tidak peduli starternya hanya mereka-mereka seperti Minggu, 24 November 2013 yang pesertanya cuma  224 starter.

Peserta setia ini punya alasan teknis yang masuk akal. Mereka bisa ukur otak mekanik sekaligus kompoenan racing yang dipakai pada pacuannya. Apakah bekerja sesuai riset mereka untuk berlari di jarak 200 meter. Contoh penerapan profil  kem tinggi (lift) dan durasi (waktu membuka). Gejala fooating tidak kuatnya pegas klep epek dari profil kem akan terdeteksi di Sentul Besar ini.

 Itu saking gedenya sirkuit dan sepinya penonton sehingga hanya bunyi-bunyian mesin drag yang dilepas terdengar nyata, hehe.  “Dari situlah tim saya rutin ikut. Selain ukurannya kompetisi benaran, lebih apdol untuk ukuran riset sepanjang musim ikut drag bike. Riset sangat mudah terdeteksi juga didukung konstruksi aspal yang memang dibikin untuk balap,” jelas Tomo dari Tomo Speed Shop yang langganan ikut di Sentul ini.

Trek Sentul Besar biar bagaimana pun dibikin untuk balap motor. Pori-pori aspalnya real untuk grip, karena memang dikonstruksi begitu. “Ukuran settingan motor bila berhasil di Sentul Besar juga akan enak di sirkuit-sikuit dadakan lain. Pokoknya patiokannya Sentul deh, walau event di sirkuit kuranng digarap serius,” timpal Herdiawan dari SHRT IBNU ARMA IQ5 MC Racing.

Pendeknya, kriteria Sentul Besar untuk riset memenuhi syarat. Lha wonng, selain lebar treknya, juga area pengeramannya jauh. Meleset pun paling ke gravel, bukan ke trotoar. “Gas bisa dibuka sampai lewat finish. Kemampuan motor benar-benar terdeteksi, apalagi jika anginnya minim,” dukung R. Cholid dari team CLRT FT Abirawa yang mengaku sedang ditugaskan menyetel mesin pada semua kelas yang diikutinya. Ghalib

BACA JUGA

Drag Bike 2013 Jelang Semarang; Ayooooo…Semarang! Jln. Pahlawan Bro!

Final Pertamina Drag Bike 2013 Senayan, Hendra Kecil Boyong Hadiah Mobil Di Matic 200

BAGIKAN