nhk

Drag Bike 2013 Solo; Bebek 200 Cc Suzuki FU 40 HP 7.483 Detik, Tapi Didiskualifikasi..!

 

ManiakMotor Suzuki FU ‘Nusakambangan’ yang dikabarkan punya power 40 hp atau house power alias daya kuda, memang hadir di event Mizzle Hydra Drag Bike Championship di sirkuit Honggopati, Solo, Jateng (22/12). Lalu, FU  milik tim Adijaya Speed Shop, Cilacap itu, di Bebek 200 cc sebagai tercepat pertama dan kedua lewat joki Dior Codot (Cilacap) dan Ari Madun (Jogja).

Catatan waktunya 7.483 detik dan 7.515 detik di lintasan yang tidak terlalu kering dan masih lembab. Itu bkin pembalap, mekanik, dan  brosist semua termasuk reporter portal  ini dibuat penasaran. Maklum saja, power 40 dk untuk ukuran Bebek 200 ini tak ‘lazim, kan biasanya bermain 34 dk. “MotoTech yang bertugas men-dyno dibuat geleng-gelang, pertanda penasaran,” cerita Ajay, mekanik MBKW2, Jogja yang mengaku menyaksikan hasil test dyno-nya.

Apalagi dua event terakhir di Purbalingga dan Kebumen, FU ini berhasil megunci podium pertama. Ya, makin tambah penasaran, lantaran FU milik MBKW2 yang dipacu Eko Chodox dibuat bertekuk lutut. Berarti se-Chodox-Chodox-nya diasapi. Siapa yang tidak penasaran?  

Di Solo ini, jagoan-jagoan top bebek 200 hadir macam Jupie Pele, FU Solo Abakura dan FU MBKW2. Artinya, akan menjadi pembuktian, mampukah FU 40 HP membuktikannya?Hasil sementara, Chodox yang naik Jupie Pele dan Dwi Batank dengan FU Solo harus puas di posisi ketiga dan keempat. Ingat, itu hasil sementara.

Disebut sementara lantaran setelah itu ada permintaan beberapa pembalap untuk dilakukan pembongkaran pada FU Nusakambangan ini untuk diperiksa secara teknik. Akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Tapi apa yang terjadi? Sangat di luar dugaan, tim Adijaya menolak untuk dibongkar. “Kami memang menolak saja,” singkat kru Adijaya sembari berlalu.

Sesuai aturan, bila menolak otomatis didiskualifikasi. “Boleh jadi, saat di Kebumen dan Purbalingga, tidak ada permintaan untuk bongkar mesin. Ini ‘biasa’ di balap motor, bila semua bisa terima kadang memang tak perlu dibongkar. Sebaliknya begitu,” jelas Ari Boenarto alias Koh Bun, pemeriksa teknik senior dari Jateng.

Menolaknya tim Adijaya dibongkar, bisa jadi telah menjawab rasa penasaran banyak orang atau bahkan malah tambah penasaran lagi, Dulu saya pernah alami hal yang sama, matik 200ku ketahuan melebihi kapasitas regulasi. Beruntung tidak membuatku putus asa, event berikutnya kembali dibuktikan bahwa memang layak juara,” cerita Pele tentang fenomena ini.

Ya, sebagai pelajaran saja, bahwa balapan resmi ada wasitnyaArdel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Solo, Jateng, 22 Desember 2013

Drag Bike 2013 Jelang Jogja & Solo; Panasnya Bebek 4T TU 200 cc, Dipicu FU Punya Power 40 HP

 

 

 

BAGIKAN