nhk

Drag Bike 2013 Solo; ‘Hadir’ Suzuki FU Injeksi, Pakai Throttle Body CBR!

 

ManiakMotor – Pabriknya sendiri belum punya rencana. Jangankan itu, wacana pun belum pernah untuk menginjeksikan Suzuki FU. Tapi di Mizzle Hydra Drag Bike Championship di sirkuit Jln. Honggopati, Solo, Jateng  (22/11) ‘muncul’ kabar  FU berteknologi injeksi.

Berita kejutan, mengingat teknologi injeksi di balap trek lurus masih tergolong baru, apalagi basis FU yang bukan injeksi. Beberapa jam sebelum berlomba si mekanik berkirim gambar perangkat injeksinya. Tuh lihat saja fotonya! “Basis-nya FU untuk OMR, mulai dikembangkan sejak setahun lalu. Menggunakan part silang yang sesuai,” sebut si juru mekaniknya.

Throttle body (TB) atau di motor non-injeksi sebegai venturi karbu, pakai milik Honda CBR 250. Ini sama saja mengganti venturi standar FU jadi 36 mm dari CBR. Alasan lainnya, perangkat TB mudah didapat karena motornya dijual umum di Indonesia.

“Sensor tempratur dan throttle position lebih mudah dipasang,” kata mekanik misterius ini sambil bercerita bahwa dirinyalah yang memulai kiprah FU di bebek 200 beberapa tahun lalu.

Injektor pakai SRP yang dikendalikan ECU Juken F1. Alat-alat ini sudah beredar luas di pasar aftertermarket injeksi Indonesia. Instalasi tidak ribet-ribet amat, tinggal mengikuti spek Juken F1, asalkan sensornya mau dikendalikan dan bisa dipasang. Iya ya, kedengarannya injeksi sangat ruwet ya. Ternyata eces sampeyan.

Dan, ternyata oh ternya lagi, saat event Wates kemarin, FU ini sudah dicoba, ”Dengan kondisi lintasan basah baru 8,2 detik. Tapi saya yakin dengan injeksi hasilnya akan lebih baik. Suplai pembakaran stabil dengan segala kondisi dan gaya pembalap,” yakinnya sambil menyebut untuk spek mesin tak jauh dengan yang versi karbu.

Eit, ngomong-ngomong cerita panjang lebar hadir nggak di Solo ini,”Waduh, maaf ada kendala nih, datang langsung ke Jogja ya bro, kita kupas bersama,” katanya. Wkwkwkwk.. Tapi ingat ya, injeksi hanya alat bantu manajemen bahan bakar yang dibantu ECU sampai ke pengapian. Tetapi, inti sebenarnya tetap yang namanya portinng, kem, klep, sampai knalpot dengan korekan manual yang menentukan. Jika mesin sudah kencang, lantas diberi injeksi dan ECU, pasti akan lebih kencang. Itu kata para ahlu injeksi yang lebih dulu memulai di balap motor Indonesia.

Oke, dari jalannya lomba event yang digarap So Tech sport Club ini tetap khas Solo. Ramai maksudnya. Sayang “Lintasan basah dan sedikit bumpy, susah juga menggapai 7,3 detik. Tapi ini sudah bagus, mengingat motor ini baru jadi,” kata Dwi Batank yang podium pertama di kelas Ninja standart.

Kelas lain, kita bahas di tulisan berikutnya! Ardel  

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Solo, Jateng, 22 Desember 2013

Hasil Drag Bike Cikarang Delta Mas, Jabar, 21 – 22 Desember 2013

Hasil Drag Bike Wates Jogja, 21 Desember 2013

GM Drag Bike 2013 Delta Mas Cikarang; Honda Nova Dash Tercepat 7.1 Detik

Drag Bike 2013 Wates Jogja; Crypton Vs Jupiter Kompresi 14,5:1, Bebek 4-Tak 130 cc!

 

 

BAGIKAN