nhk

Drag Bike 2013: Trek Lurus Didikte Ilmu Road Race

 


ManiakMotor – Hadirnya Jupiter Quick Shifter (QS) bikin penasaran. Geger, beda dengan gegar! Sejak Drag Bike Semarang dan mencatat waktu terbaik  8 detik, Jupiter QS ini terus meraja sampai balap Ramadhan di pantai Depok, Yogyakarta barusan. Padahal, basisnya bermesin setara Indoprix yang tahan digeber puluhan lap. “Biasanya setelah balap juga tidak  pernah dicek tuh. Yakin aja, tahu-tahu macet karena olinya kedaluwarsa,” kata Endra, pawang Jupie QS.

Berarti, mesin Jupiter QS kurang istimewa banget. Dari hasil dyno motor-motor karapan 201 m di Mototech Yogyakarta, banyak di kelas 130 cc yang setara, bahkan melebihi power Jupiter SQ fenomenal itu.  Mesin rata-rata sentuh 25-26 dk. Tetapi best time mereka hanya  8,4 detik. “Saya susah payah cari 8,2 detik, eh sekarang dah stabil di 8,1 detik,” pusing Danang Ciduk, pembalap sekaligus mekanik drag kota Gudheg.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Rahasianya? Ya QS! Mosik Priyonggo, alias Onggo yang membidani kelahiran 2 motor jagoan Jupie QS Orange dan Jupie Hitam, sejak  awal ogah terpancing mendongkrak power. “Yang penting power stabil, dijoin beberapa joki power tidak boleh drop, apalagi mesin ambrol,” ujar bujang hitam manis. Eh.. Jomblo lho? Ya iyalah.. biasa seting road race setara 30 km, sekarang cuma 201 m.  Jadi hanya gara-gara QS, best time bisa ditebas 5%!!

Angka 5% lewat permainan penyaluran daya ini jelas aman dan tidak repot dibanding dengan meningkatkan power mesin 5% alias mendekati peningkatan 1,5 dk pada mesin 130 cc. “Sangat riskan, karena dikhawatirkan mesinnya enggak tahan. Justru paling penting power management!” tandasnya.

Nah, sekarang bayangkan dong mesin-mesin yang lebih powerfull seperti Sport 150cc, Bebek 200 cc?! Bisa lebih gampang tembus di angka 7 detik koma kecil. Informasi saja, mesin  sport 150 cc 2-tak sudah tembus di sekitar 45 dk, sedangkan mesin 200 cc 4-tak rata-rata di 33-35 dk.  Jadi kalau mau urusi perpindahan persneling  saja bisa memotong 0,2-0,3 detik dari waktu sekarang! Bisik-bisiknya lagi, Onggo menyiapkan lagi senjata pamungkas tebas waktu yang melengkapi QS! Tunggu aja di maniakmotor.com.

Tapi ngomong-ngomong mekanik road race sudah pada mulai masuk drag bike nih. Tuh Haris Sakti Wibowo yang punya Jupiter Z dan Suzuki Radider yang dua-duanya dihitung di lintasan lurus. Mlentis saat ini sebagai tunner papan atas IndoPrix di tim Yamaha Yamalube Trijaya. Sebelumnya drag bike telah dimasauki Bima Aditya yang abis pensiun dari road race. Kyaipradah


BACA JUGA

Drag Bike 2013 VSC Jogja; Jupie QS Bebek 130 Cc 8.1 Detik

Drag Bike 2013 VSC Jogja; Suzuki Raider Mlenthis Tabrakan, Gagal Deh..!

Drag Bike 2013 VSC Jogja; Monita ‘Ratu’ Pantai Depok… Manis Tuh..!

Drag Bike 2013 VSC Jogja; Nih Yang Tercepat, Kawasaki Ninja..!

 

BAGIKAN