nhk

Drag Bike 2013, Yamaha SE YZ250 2-Tak (MC Racing), Tantang KTM250SX

 

 

ManiakMotor – Special engine (SE) KTM 250SX Abirawa mendapat tantangan dari Yamaha SE YZ250 2-Tak milik MC Racing. Itu motor sama tipe dan ‘otot’-nya. Joki YZ250 akan diserahkan pada Bowo Samsonet. Motor ini sudah ada sejak 2011, tetapi saat itu masih riset. Jelas beda dengan 2013 ini,” yakin Bowo, seyakin-yakinnya sembari mengepalkan tinjunya dan membayangkan kemenangan. Gas bro poll, wah kebalik tuh…

Kuda besi aslinya buat garuk tanah atau motocross di MX2 itu sama dengan kelas diikuti KTM250SX. Keduanya saling mengalahkan di sana. Entalah di arena aspal Indonesia. Toh, YZ250 ini bisa dikira-kira karena pernah  disetting Bima Aditya Rahmana dan Thole, juga sempat dirawat Yusron dari Kickstart. Hasil tertingginya saat itu belum pernah dapat di bawah 7 detik. Walah… itu dulu.

Karena sudah special engine, tidak ada yang bisa dikorek-korek di situ, yang ada tinggal ditingkatkan pada setelannya. Paling tinggi gonta-ganti kenalpot dan karburator. Sebab, porting-porting aslinya sudah dicetak dengan speksifikasi racing. “Setahu saya masih pakai kit asli. Kompresi sempat dinaikkan, cuma tidak ekstrim, karena aslinya sudah ekstrim,” kata Bowo yang sedang getol-getolnya setting ini motor di sirkuit resmi permanen di Klaten, Jawa Tengah. Ini sirkuit pernah diberitakan di portal ini.

Motor berkelir khas MC Racing TDC dengan merah dan biru muda itu  mati suri setahun. Penyebabnya as gigi rasio patah di seri pertama Pertamina Enduro Drag Bike di Surabaya awal tahun 2012. Sejarahnya motor yang tetap pakai rangka asli dan lengan ayun Ninja ini, mencetak best time 7,1 detik saat final Trandy Promo Mandira Drag Bike 2011. Pelan dong?

YZ250 ini keluaran 1994 yang tenaga aslinya 41 dk. Sekarang ada perubahan pada  kenalpot. Volumenya dihitung ulang. Otomatis desainnya dibuat baru sesuai permintaan mesin. Saya buat di bengkel kenalpot di Magelang, Jawa Tengah,” pungkas Bowo.

Bocorannya sih, setelah beberapa kali percobaan di Klaten itu, waktu tempuhnya lebih singkat dibanding Honda Nova Dash. Catatan tercepat Dash  6.979 detik yang dipacu Bowo. Berarti Bowo VS Eko Chodox di FFA. Kan nantinya KTM Abirawa jadi pegangan Chodox sepanjang 2013 dan 2012 pernah mencetak 6.940 detik.  Adit

BERITA TERKAIT:

Elmu Pelintir Gas Drag Bike..!

Drag Bike; KTM250SX Pecetak 6.940 Detik, Sedang Setting Kaki-Kaki

Trek Permanen Drag Bike Di Klaten, Jateng, Tinggal Pakai..!

Sony Dwi Kuncoro (Pebulutangkis), Bangun Mio Drag Bike 200 CC, 7.7 Detik..!

Alat Pencatatan Waktu Drag Bike, Ada Yang Cepat, Ada Yang Lambat..!

Joki Drag Bike Dani Tilil Koma, Cilaka Setting Motor, Tanpa Helm

BAGIKAN