nhk

Drag Bike 2013, YSS Melempar Sokbreker Khusus Drag

 

ManiakMotor – Suspensi yang dibutuhkan di lintasan lurus, harus bikin rigid sasis motor. Sasis dan suspensi yang kaku, memaksa tekanan roda pada aspal terus menerus. Spesifikasi pegas sokbrekernya, termasuk katup-katup dan suling rebound harus khusus. Gunanya melawan pantulan roda dari lintasan. Spin ban pun niscaya sedikit. Juga antisipasi berkembangnya ilmu korek drag yang tenaganya terus bertambah dalam 201 meter  di Indonesia.

Karakter sperti itu yang gencar-gencarnya diriset pada sokbreker tipe RG300 TRC produk YSS. Barang ini sedang dikembangkan di Thailand  dan untuk sementara khusus matik. “Salah satu tim di Indonesia sudah ada yang pakai untuk uji coba rata-rata kondisi lintasan  Indonesia,” buka Benny Rachmawan, Research & Development Mitra 2000, pemegang merek YSS.

Tim yang dimaksud Tomo Speed Shop (TSS) yang memasangnya pada Yamaha Mio untuk bermain di Matik Tune Up s/d 200 cc. “Dimensinya lebih kecil dari YSS lain. Bisa dipasang pada semua merek dan tipe  matik. Memang belum ada bukti catatan waktu bisa terpangkas. Namun  beberapa kali dipakai, catatan waktu semua pembalap bisa stabil,” kata Tomo, pemilik TSS.

Pembalapnya mengutarakan bahwa motor lebih ‘diam’ saat start. Kalau diam, berarti nggak digas dong, hehe. Maksudnya, spin berkurang tapi  motor melaju ke depan dengan lurus. Traksinya dapat.

“Dengan cara start yang sama, gejala ‘ngebuang’ berkurang,” kata Saiful Cibef, pembalap tim bermarkas di Kemayoran, jakarta Pusat ini. “Motor juga tenang di kecepatan tinggi, karena ayunan di bagian belakang akibat trek bumpy diredam cepat,” timpal Cendy Gerry jokinya yang lain.

Sok ini memang untuk kompetisi, mulai dari settingan panjang-pendek, klik keras-lembut bound dan reboundnya bisa diatur. “Tiap bagian sokbreker sampai yang terkecil macam sil-sil nya pun bisa disegarkan. Tinggal bongkar dan ganti, kemampuannya akan seperti baru lagi. Nantinya suku cadang siap semua,” tukas Benny.

Brosist sekalian harus bersabar, karena sokbreker berisikan gas nitrogen ini belum dijual. Tapi dijamin tahun ini juga akan selesai risetnya dan langsung bisa dilempar ke bengkel lu dan pasti harus dibayar. Adit

BACA JUGA

Drag Bike 2013 BSD; KTM250SX Tercepat, Cetak Dua Kali 6.8 Detik, Mesin Sonic Masalah

Drag Bike 2013 BSD; Tiga Kelas Favorit Penyedot Starter

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353