nhk

Drag Bike 2014 Banjarnegara; Sonic Vs FU, Ceper Tercepat Bebek 200!

 

 

ManiakMotor – Duel menarik Bbebek 4-Tak TU 200 cc. Tak kalah seru antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di Qatar. Honda Sonic korekan Yong Mustofa alias Yong’s dan FU Solo karya Wawan Kriastiarto. Dua motor itu yang mendominasi lima podium di Kapolres Cup Drag Bike Championship 2014 di Banjarnega, Jateng, 23 Maret.

Di akhir pertarungan, Imam Ceper (Jakarta) fastest alias tercepat. Memang hanya 7.682 detik. Tapi itu di lintasan yang dianggap kurang ideal, sempit dan ujung lintasan menikung. Maksudnya bila kondisi normal akan melaju lebih cepat 0.3 detik. Mantap memang.

Juga hadirnya Ceper berbendera Yong’s Motor Nano-Nano Marcellio itu, memberikan hiburan tersendiri bagi ribuan penonton di Jln. Kenteng-Madukara (depan Politeknik).  Itu diakui Pupung Rivaldo,  penonton berstatus pelajar SMK, “Sonic itu identik dengan teknologi Thailand, kapan lagi bisa lihat duel FU yang karya mekanik lokal,” nilainya.

Kali ini Sonic yang disetal pada pemampatan ruang bakar atau kompresi 15:1 lebih unggul. Faktanya,  Fandi Pendol (Semarang) dengan motor yang sama pun bisa menguntit di posisi kedua dengan 7.703 detik. Yong menyebut ‘spek’ Sonic dipermak ulang pakai  piston LHK forging dengan diameter 66 mm dan langkah piston diubah 58 mm.

Torsinya dibikin kaya dibanding sebelumnya stroke terlalu pendek. “Sehingga motor lebih enak saat start, tidak liar,” jelas Yonk sembari bercerita spek lainnya macam klep in disetel lagi membuka 20o dan menutup 53o. Klep out menutup 21o dan membuka 53o.  Pokoknya masih banyak yang ia ceritakan, nanti saja ditulis di MODIFIKASI

Lain hal dengan Wawan yang kali ini hadir langsung di lintasan, ”Ada masukan dari joki sebelumnya yang kurang pas. Atas saran si joki aku tambahin balancer jadi 650 gram dari awalnya 500 gram. Eh, malah tambah nggak pas,” kilah Wawan yang ayah satu putra atas FU Solo-nya.

Riset ulang lagi. Ardel       

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Banjarnegara, Jateng, 23 Maret 2014

Drag Bike 2014 Banjarnegara; 550 Starter, Wow! Chodox Jadi Caleg!

Drag Bike 2014; Jupiter-Z 4 Klep, Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up, Regulasi?

BAGIKAN