nhk

Drag Bike 2014; Bebek 4-Tak 130 Bahan Bakar Pertamax Jauh Lebih Cepat Dari Bensol

ManiakMotorTak salah juga riset Pertamax dibalap karapan. Kalo pun saat ini masih belum wajib pakai bahan bakar itu, bukan tidak mungkin suatu saat regulasi mengarah kesitu. Road race sudah duluan dan faktanya malah lebih kencang dari sebelumnya pakai oktan tinggi.

Beberapa mekanik drag bike sudah memulai riset itu. Wayank yang identik dengan korekan bebek 4-tak tuneup, salah satunya. Pantas saja, di beberapa event doi ‘menghilang’, Fokus riset bahan bakar Pertamax, seri TPM nanti siap turun deh. Saya yakin kecepatannya akan sama dengan pakai bensol, bahkan lebih,” janji Wayank dari markasnya di Solo, Jateng sana.

Wayank  bukan kali pertama, tahun lalu pun sudah ada yang memulai. Tapi ya itu, sesaat saja lantaran tak juga ketemu settingan yang pas. Padahal, kalo road race saja bisa kencang dengan Pertamax, drag bike mungkin lebih kencang lagi. Road race di kelas Bebek 125 TU hampir sama dengan Bebek 130 4T di drag.

Logika dari road race, rpm bisa lebih tinggi dari bensol. Alasan lainnya, kecepatan mesin konsisten, karena kualitas Pertamax yang stabil. Hari ini kencang, berikutnya akan tetap laju. Tidak seperti bensol atau avtur. Hari ini dapat yang segar, besoknya dapat yang basi. Basinya sudah bercampur pengmbunan dari bensol itu sendiri sehingga kualitas oktannya menurun.

Beda dengan Pertamax yang sudah bisa dipatok RON-nya 95, Kompresi memang lebih turun, ketemu di 12,8:1.  Tapi rpm-nya jauh lebih tinggi. Padahal tetap pakai klep diameter  klep 29,5 mm untuk masuk dan buang 24,5 mm. Tapi porting-porting pakai Pertamax diameter harus lebih besar,” urai Wayank dengan penuh percaya diri bisa cetak best time.

Semoga…!! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2014; Misteri Jupiter Injeksi Vs Sonic 200, GasGas Target 6.6 Detik…!

Drag Bike 2014; Koil TK Racing Vs Koil YZ Mio 200, Naik 0,8 Hp

Drag Bike 2014; Ninja TU Rasio ‘Matik’ Macam SSG Konstan 7,1 Detik, Ini Rahasianya!

Drag Bike 2014; Kruk As Crypton Vs Jepang, Bebek 130 4-Tak TU, Juga Enak Buat Kohar!

 

BAGIKAN