nhk

Drag Bike 2014: Di BSD Matik 200 Si Ceper Matic Bisa 7,532 Detik..!!

 

ManiakMotor – Kompresinya tinggi, tapi tenaganya lembut. Macam mana bisa begitu ya? Ya buktinya catatan yang sudah lama tak muncul, nongol lagi di Matik 200 di arena trek lurus. Kemarin di Drag Bike BSD  atau tepatnya kawasan Lanud Rumpin, Tangerang, Banten, pada Ahad 9 November 2014, Matik 200 melesat  7.532 detik. Itu catatan yang sudah jarang terderngar dari kelas ini. Yamaha Mio yang sudah dibore-up nope itu, dikebut Imam Ceper. Sedang pemiliknya Vincets  JFK MP2, tim yang memang bangkotan mengadu matik.

Itu matik dikorek namanya Fauzi yang pakai onderdil dan dananya dari Vincent. Katanya supaya nggak liar-liar amat, gunakanlah perbandingan kompresi ruang bakar sampai 14:1. Waw… sudah setinggi itu pemampatan ruang bakar, tapi ‘adem’.

“Asli, kompresi memang segitu. Tapi ini motor disetel agar lembut di awal, ‘ntuk menghindari motor banyak spin. Saya pakai roller CVT yang bobotnya rata 9 gram. Aneh kan?” jelas Fauzi dengan nada meyakinkan.

Fauzi yang tidak berkumis seperti mantan gubernur DKI itu, juga menunjuk CDI Pro Drag 2 yang mappingnya bisa memanajemen power. Kan CDI ini memiliki launch comtrol yang bisa menempatkan torsi sesuai rpm yang dibutuhkan ketika start. Jadi walau kompresinya ekstrem dan rollernya ringan, motor akan meluncur manis namun bengis dari start. Juga tergantung setting di tempat yang berulang-ulang dicoba pembalapnya.

Semakin yakin karena posisi kedua di kelas ini juga ditempati motor yang sama dengan joki Ivan Bangun. Bangun pagi, eh si Bangun cuma tertinggal 0.057 detik dari Ceper. Ketat memang. Ditambah pula lawan berat nggak banyak yang muncul.  “Yang penting saya dapat piala dan hadiah. Sangat lumayan. Perjalanan ke lokasi event ini juga dekat. Kan masih tetangga Jakarta. Habis balap langsung pulang ke rumah. Asyik,” kata Ceper yang mulai tak ceper lantaran bertambah umur doski ikut jangkung.

Sebagai tambahan teknik, matik andalan Ceper menggunakan karbu NSR SP yang direamer sampai 30 mm. Mudah-mudahan angka itu tak salah ketik, hehe. Saaat diblayer blaaar… blaaaar… dan ditest di tempat pengujian di event BSD, itu karbu minta main-jet 128 untuk melayani putaran atas dan bawahnya atau pilot-jet minta 48. Hasilnya memang tanpa tanding di sana. Rzk

BACA JUGA

Hasil Drag Bike BSD, Tangerang, Banten 9 November 2014

Drag Bike 2014 Seri 4 AHRS Bantul, Jogja: Batank 7,359 Detik Dengan FU Solo, Bebek 200!

Drag Bike 2014 Seri 4 AHRS Bantul: Penyisihan Bebek TU 130 cc, Chodox 8,091 Detik, Wow !!

Drag Bike 2014 BSD City: Hujan Sabtu, Penyisihan Ditunda Sampai Minggu Ini

 

BAGIKAN