nhk

Drag Bike 2014; Efisiensi Volumetrik Vs Mekanis Dari Material Klep..!

 

Maniakmotor –  Inovasi dan riset mekanik soal klep bukan hanya di Bebek 130 TU 4T untuk lomba trek lurus. Tiga minggu lalu di Bebek 200 juga kedengaran dua FU ngetop di kelas tersebut mengutak-atik klepnya. Ada yang pilih klep ringan mengejar efisiensi mekanis. Ada pula pakai payung diameter besar guna mengejar efisiensi volumetrik. Tapi tulisan kali ini terbatas pada Bebek 130.

Seperti Aris Sheehan mekanik tim Alin Wijaya Kediri yang sudah pasang klep SE KSX250F berbahan titanium. Klep ini ingin menggagapai mekanis pada mesin Jupiter Z gacoannya. Lumayan berhasil, lantaran sudah terukur atau tercepat saat turun di Jateng beberapa waktu lalu.

Mesin memang terasa ringan dan rpm bisa lebih tinggi. “Bahkan power band juga lebih lebar sekitar 1.000 rpm. Tapi tetap saja butuh ketelitian pada kepala silinder dan di dalamnya mengatur ulang porting yang berhubungan dengan klep,” jelas Aris.

Berbeda dengan Andi Makhrizal  yang akrab disapa Ope, mekanik VND Vincent’s JFK yang justru mengejar efisiensi volumetrik. Ia pakai klep EE pada Honda Karisma dan buktinya ke-1 saat turun di drag Sentul kemarin di Bebek TU 130 cc. Klep ini punya kelebihan pada radius batang dan payung klep. Sudutnya pas dan mengarah keruang bakar langsung, ucapnya sembari menyebut diameter klepnya sekarang 28 mm untuk in dan out 23 mm.

Hampir sama dengan Hendro, mekanik tim HDR 41FORTYONE asal Cibinong, Jabar yang Jupiter Z-nya berhasil ke-5 lewat Acong Shamsonet di drag Sentul juga. Tim dan mekanik ini memang nama baru, namun nggak mau ketinggalan soal riset. Ia pakai klep CBR diameter 30 mm masuk dan buang 24 mm. Kelebihannya ada pada batang klep yang 4,5 mm.

Yang terakhir ini ambil jalan tengahnya. Maksutnya mengejar dua duanya, selain mempertimbangkan bobot klep ringan juga fokus flow gas bakar lantaran menggunakan diameter klep in lebih gede. Kebanyakan Jupiter yang turun pake klep in 2829 mm. Ulasan motor lengkap Jupiter ini bakalan nongol di tulisan modif. Tunggu deh. GS

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Sentul; Honda Karisma Jawara Bebek 130 Cc, Timing CDI Rextor ProDrag

Drag Bike 2014 Sentul; Cebonk Tercepat di Semua Kelas Dengan Matik/Matic FFA

Drag Bike Sentul 2014: Cebonk Membawa FU TSSG 7,4 Detik Bebek 200cc, Chodox Disikat

Drag Bike 2014 Sentul; Aspal Sentul Ujian Mesin Sebenarnya, Diikuti Joki Papan Atas

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353