nhk

Drag Bike 2014 Jelang Tegal; Sensor 1 Titik, Torsi Harus Kuat..!

ManiakMotor – Sensor lampu start kembali jadi topik. Terpantau jelang TDR Drag Bike Seri 1 di lintasan Jln. Pieree Tendean, Tegal, Jateng (1/6) ini. Info beredar lewat pesan elektronik, bahwa sensor lampu yang dipakai hampir sama dengan event Pertamina Drag Bike di Senayan lalu.

“Di Senayan lalu masih dikunci dua titik, prestage dan stage. Kali ini satu titik pada stage aja, lebih sulit lagi tuh,” buka Tomo, punggawa Tomo Speed Shoop (TSS) yang memastikan akan hadir lantaran langganan juara umum.  Meski Farid Sungkar dari FR Action selaku RC belum bisa dikonfirmasi, tapi hasil penelusuran pada tim menyebut hal podo.

Panitia pasti punya pertimbangan soal itu. Pakai cara ini, justru kinerja motor dan joki akan terukur. “Lebih fair! Tapi jangan juga bila terlalu sulit, biar dari sisi entertain tetap terjaga. Pemecahan rekor jadi daya tarik, loh,” nilai H. Rio Teguh Pribadi, pemilik tim Anker Harriot’s  IRC GM saat jumpa di Senayan lalu.

Apa pun alasannya, mekanik tetaplah fokus pada sistem ensor yang sebenarnya memengarughi konfigurasi karekter mesin. Mesin harus kuat pada start. Tenaga awalnya kudu responsif yang diiringi pengantar daya (kopling) yang gigitannya pas. Lalu pada roda ada suspensi yang rigid dan ban yang ngegrip bagus.

Sebab motor tak bisa ‘ditembak’. Sedang torsi tak bisa diakali dengan menggunakan teknik spin atau menggerakkan motor. Dengan satu sensor, posisi start benar-benar dari diam. “Setting ulang spuyer, harusnya memang lebih kering. Rasio reduksi juga harus pas,” sebut Wayank salah satu mekanik unggulan pada bebek 130 4-tak.

Pilihan lain yang logis adaalah menaikkan perbandingan kompresi ruang bakar. Seperti yang diungkapkan oleh Aan pada Ninja TU OP 27 dan AB Bendol dari tim TRD TDC Mc Racing. Lebih lengkap, semua masih perlu dibuktikan pada event yang hanya dibatasi 350 starter itu. “Mestinya sistem kunci begini, baiknya diikutsertakan reaction time untuk start. Sistem di Thailand juga begitu, jadi tau gerakan start dari lampu kuning ke-3 ke hijau,” tutup Tomo. 

Betul tuh! Ardel

BACA JUGA

DragBike 2014 Cimahi; Buatan Tentara Loh

Drag Bike 2014; Adu Banteng Dua Joki Tewas Setting Motor Di Jogja, Rudi Dan Andi

Drag bike 2014 Senayan; Achonk Kunci Ninja Tune-Up 7.593 Detik, Main Torsi!

 

BAGIKAN