nhk

Drag Bike 2014 Jogja; Hadir [Lagi] Jupie Quick Shifter, Batank Vs Chodox 8.389 Detik!

 

 

ManiakMotor– Sejajtinya memang menanti kejutan Jupiter 130 cc riset terbaru Mlethiz tampil di Bebek 4-Tak 130 cc. Sayang, seperti berita sebelumnya, mekaniknya yang bernama lengkap Hariz Shakti Wibowo itu  accident saat setting motor di dekat markasnya. Maka ia tidak hadir di VSC Drag Bike Ramadhan Nite Race 2014 di lintasan Pantai Depok, Parangtritis, Jogja 13 Juli 2014 waktu malam sampai sahur.

Padahal Jupiter 130 itu pakai klep titanium Honda CRF dan piston forging yang bisa dibayangkan tenaganya. Untung ada Yamaha Crypton karya Nugroho alias Potter dari OTD Jogja. Crypton ini mendapat perlawan dari  Jupiter ‘quick shifter’ 130. “Dibanding dulu, ada yang diformat ulang seperti mesin, pengapian dan mekanisme shifter yang lebih presisi,” sebut Lelono AP, mekanik pendamping yang memberi keterangan soal Jupie QS.

Disebut pendamping, meski berbendera ICE Kawahara AHRS Majestic, Jupie itu karya Prionggo dari Omah Mburi Racing. “Antara lain perbandingan kompresi turun. Dulu 14,3:1 sekarang 13,8:1. Pengapian masih pakai Rextor ProDrag RR, tapi micro chipnya dicustom,“ kata Lelono lagi.

Khusus mekanime quick shifter alias QS harus pas dengan mesin high rpm. Proses kerjanya tanda (trigger) perpindahannya ditandai oleh button QS. Dengan begitu, efek miss atau gagal pindah gigi berkurang. Kali ini tanpa button, melainkan dengan di ‘matik’ gigi 2, 3 dan 4.

Terbukti, Jupie ini berhasil mengantar Dwi Batank (Semarang) podium kedua dengan catatan 8.437 detik. Batank yang dikenal paham karkater Jupie QS tadi, makanya doi berhasil ‘mencuri’ sapu bersih 5 podium oleh Crypton OTD.

Begitunya, Eko Chodox Sulistyo (Semarang) sebagai ujung tombak OTD tetap tercepat dengan 8.389 detik. Ia mengukuhkan dominasi Crypton yang speknya mirip-mirip MP1 road race itu. “Kalo  tak ada masalah, bisa saja semua podium disikat. Baut tutup klep sempat lepas satu,” kilah Kana Kunan (Yogya) dan Fandi Pendol (Semarang) dua joki yang memacu motor sama pada posisi ketiga dan keempat.

Penasaran? Tanding ulang aja di seri 2 tanggal 16/7 besok. Mantap! Ardel  

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Jogja (Ramadhan Cup); Musuhnya Angin Kencang, Ninja TU ‘Hanya’ 7,3 Detik!

Drag Bike 2014; Resep Torsi Vs Sensor Start Satu Titik

Drag Bike 2014 Jelang Jogja/Bali: Hadirnya Sonic 200 Thailand, Target 7,2 Detik?

 

 

 

BAGIKAN