nhk

Drag Bike 2014; Jupiter-Z 4 Klep, Bebek 4-Tak 130 cc Tune-Up, Regulasi?

 

ManiakMotor – Boleh-boleh saja bikin empat klep pada kepala silinder Jupiter Z. Macam yang hebos di arena drag-bike dari 2 menjadi 4 klep.  Logika sederhana, trik itu bisa meningkatkan efisiensi volumetrik dengan busi di tengah. Walaupun pada praktiknya bisa jadi tidak semudah itu, merancang ulang konstruksi head dengan cara dicor.

Informasinya pakai klep milik Honda Sonic yang secara material memang punya keunggulan. Foto yang dikirim terlihat posisi klep sudah terpasang di kepala silinder, bahkan dikabarkan mesin sudah bisa ON. “Memang belum dipakai buat main, tunggu saja,” bilang si mekanik misterius dari kawasan Jawa Tengah itu.

Bukan soal siapa gerangan si mekanik, soal itu pada saatnya akan ketahuan. Tebak saja, juru korek yang kerap berinovasi dan langganan tampil di portal ini? Tapi jadi pertanyaan, bila benar Jupie itu pakai 4 klep tadi mau diturunkan di Bebek 4-Tak 130 cc TU, macam mana regulasinya?

Jika ukuran regulasi hanya membatasi kapasitas mesin seharusnya bisa, apalagi dengan pertimbangan kreativitas mekanik. “Dulu memang tak ada ketentuannya, tapi peraturan PP IMI yang baru tidak diperbolehkan,” bilang Sigit Widianto, doi langganan pimpinan lomba di event ertamina Enduro Drag Bike dan paham seluk beluk regulasi. Waduh! 

Regulasi resmi dilarang, di liaran bisa jadi tak masalah. Namanya juga liar. Ya, kita tunggu saja performa Jupie 4 klep yang segera masuk proses dyno itu.  Tak disebut, apakah memakai sistem DHOC atau masih tetap SOHC tapi hanya jumlah klep yang ditambah! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Jelang Banjarnegara; Kelas Lokal Pemula, Imbang dan Seru!

Drag Bike 2014; Pupud Cempluk, Cewek Jago Betot Gas, Dari Liaran Bukan Cabe-Cabean

Drag Bike 2014 Klaten; FU Kolor Ijo Pakai Klep CBR Sikat Bebek 200, Tapi 7.832 Detik

Drag Bike 2014 Klaten; Milik Lokal Hero 7.336 Detik, Ninja Tune-Up!

 

 

BAGIKAN