nhk

Drag Bike 2014; Kruk As Crypton Vs Jepang, Bebek 130 4-Tak TU, Juga Enak Buat Kohar!

 

 

ManiakMotor – Kembali Jupiter 130 karya AB Bendol melejit. Podium pertama di VSC Drag Bike Ramadhan Nite Race di Pantai Depok, Parangtritis, Jogja (23/7) adalah buktinya. Itu baru kali kedua diikuti Jupiter berkelir orange. Kkali ini dengan catatan 8.233 detik lewat joki Rully PM (Kebumen).

Bendol  kasih sikit bocorannya. Kliker asal Salatiga, Jateng ini menggunakan kruk-as Crypton. Trik yang mencuatkan pilihan komponen ‘sumber’ torsi itu.  Yakni antara pakai kruk-as Jepang yang memang banyak diaplikasi  Bebek 130 cc TU atau coba alternatif lain seperti Bendol tadi pakai milik Crypton.

Khusus kruk-as Crypton sepertinya jarang dan bahkan mungkin telah dilupakan. “Kekuatan bahannya relatif sama, atau mungkin malah kuat punya Crypton. Bahkan, yang benar-benaar asli dari Jepang nggak gampang putus pada batangnya. Kan besi ‘tua’. Hehe,” kekeh Bendol seraya menyebut kruk-as Crypton yang dimaksud sekalian balancer.

Selain itu,  torsi yang dihasilkan lebih kuat Crypton. Tanya knapa? Ternyata, bobot kruks-as Cypton memang lebih berat dibanding merek Jepang tadi. “Merek Jepang sekitar 1,9 Kg, punya  Crypton 2,6 Kg. Pemasangannya plug and play, kecuali yang pakai crankcase tipe X1, harus bubut ulang rumah bearing alias laher untuk balancernya,” yakin Bendol yang doyan tampil nyentrik itu.

Untuk Jepang gampang dicari, sedang Crypton tak semudah dibayangkan, lantaran nggak ada yang keluaran terbaru. Mencarinya kudu menyelam. Ya menyelam di pasar loak. Wkwkwk… Makanya, untuk harga kruk-as Crypton tadi lebih murah pada kisaran Rp. 1 juta, sedangkan Jepang bisa sampai Rp 1,8 juta.  

Serupa Beny yang kliker Jupiter 130 tim Samodro Pitik (Sukoharjo) lebih pilih pakai kruk as Vega yang lama, faktanya korekan Benny juga bisa bicara. So, kita tunggu pembuktian lebih lanjut! Yang jelas  Bendol memastikan trik itu juga enak untuk korek harian. Wow! Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Jogjakarta (Ramadhan Race), 23 Juli 2014

DragBike 2014: Bracket Time Ramai, Cukup Rp 1,5 Juta Bisa Ikut Balap

Drag Bike 2014 Semarang; Ancaman Jupiter 130 Bendol, Sonic 130 Bima Aditya Mengintai!

Drag Bike 2014 Semarang; Walau Lintasan Basah Ninja TU Tetap Dapat 7.2 Detik

Drag Bike 2014 Cimahi: Ngabuburitnya Sedot 357 Starter, Bracket 8 Detik Diminati

BAGIKAN