nhk

Drag Bike 2014: Macam Mana Nasib KTM250SX Pencatat Rekor FFA Indonesia 6.776 Detik?

 

ManiakMotor – Pertengahan 2014 tim Abirawa tiba-tiba tak nongol di event-event besar. Padahal tim yang diperkuat Eko Chodox itu  memiliki KTM250SX yang pegang rekor nasional di free for all (FFA).  Catatannya pun portal ini sampai hapal yakni 6.776 detik yang diperoleh di Senayan, Jakarta pada Maret 2013.

Abirawa yang bosnya bernama Rendy itu, memang ‘menghilang’ dalam pengertian yang lain. “Dia (Rendy) disuruh orang tuanya melanjutkan sekolah ke luar negeri. Motor-motor sih masih ada semua. Nggak ikut lomba saja, tak ada tuannya,” jelas salah satu sumber yang timnya di road race Sentul ikut didukung Rendy.

Sayang Chodox yang tahu betul masalah enggan berkomentar banyak. Malah dengar-dengar kontrak di atas kertas untuk 2014 pun belum beres dengan Chodox. Namun begitulah Chodox tak mau mengumbar amarah, tenang dia. “Yang lalu biarlah berlalu. Sayang motor yang potensial untuk rekor jadi nganggur. Saya rasa KTM250SX itu walau di sensor 1 titik bisa di bawah 7 detik,” jelas Chodox yang kembali tak membuka omongan soal kontrak.

Silsilah KTM250SX Abirawa sebenarnya dibeli dari tim Hariot GM TK Racing IRC milik Rio Teguh. Makanya, pemilik awal pun heran itu motor kok dengan mudah selalu berlari di bawah 7 detik. Sementara motor yang sama miliknya paling banter saat masih sensor biasa berlari 6.8 detik sekian-sekian. Catatan itu dengan mudah didapat KTM Abirawa.

KTM250SX adalah spek motor garuk tanah untuk kelas paling puncak di era motocross saat masih menggunakan 2-tak. Kisaran tenaganya 40 dk ke atas dalam keadaan ‘standar’ special engine. Sampai sekarang KTM di Austria sana masih memproduksi motor ini, karena motocross di Eropa yang 2-tak kembali hidup. Silakan lihat spesifikasi aslinya. Harga barunya berkisar Rp 75 juta.

Untuk jadi drag bike tentu saja hanya mesin yang dipakai. Sasis seperti punya Abirawa menggunakan rangka Ninja. Sedang mesin hanya ganti knalpot untuk menggeser torsinya agak ke tengah. Kan kalau pakai knalpot aslinya torsinya sangat di bawah untuk motocross. Termasuk karburator dan pengapian diubah untuk trek lurus. Rzk         

BACA JUGA

Pertamina Drag Bike Senayan 2013, Sejarah Catatan Indonesia, 6,776 Detik Oleh Chodox Di FFA

Drag Bike Catatan 2014; Pesat Walau Rekor 6.7 Detik Tak Pecah

Tangki Bahan Bakar Drag Bike; Model Depan, Jual Murah..!

Kaus (T-Shirt), Kemeja, Jaket, Tema Balap Dan Drag Bike, Modelnya Cewek Bukan Cabe-Cabean

 

 

BAGIKAN