nhk

Drag Bike 2014; Ninja TU Rasio ‘Matik’ Macam SSG Konstan 7,1 Detik, Ini Rahasianya!

 

 

ManiakMotor-Teknologi quick shifter (QS) sempat heboh di balap karapan tanah air. QS diklaim menjaga tenaga kostan walau terjadi pindah gigi.Awal munculnya memang diaplikasi pada bebek 130 cc 4 tak, sempat dikabarkan juga bakal dipakai Ninja TU. Tapi belum sempat terbukti, QS keburu menghilang.  

Belakangan kliker Ninja Tune-up ramai membicarakan ‘teknologi’ serupa tapi tak sama. Macam mana itu? Ya, dengan tujuan sama yakni menjaga rpm tidak drop saat perpindahan reduksi, tapi tak semahal dan serumit QS. Di kalangan juru korek Ninja TU, trik ini disebut  sistem ‘matik’.  Karena saat oper persneling, terasa seperti motor matik. Merujuk ke MotoGP sudah setara seamless shift gearbox (SSG), hehe. Otak mekanik drag, sama jalan dengan mekanik MotoGP, namun dengan mekanisme banyak akal dengan alat sederhana.  

Sebelumnya, portal ini sudah sebut istilah itu. Coba klik lagi http://maniakmotor.com/index.php/dragbike/5391-drag-bike-2014-rasio-dibikin-close-dorongan-ninja-tune-up-kurang-ke-7-1-detik. Bukan hal baru, pun banyak yang penasaran dengan cara yang diyakini mampu pertajam catatan waktu.

“Itu sih istilah aja, dibuat seolah-olah tanpa oper gigi macam matik sungguhan. Model begini bikin tenaga terus tersambug. Beda saat pindah gigi pakai kopling yang mengurangi laju rpm. Ini juga  mengurangi gejala jumping,” kompak AB Bendol dari ABRT (Salatiga) dan Nugroho alias Potter from OTD Racing Jogja.

Kedua pengorek Ninja TU itu telah aplikasi trik ini. Sekali lagi, ‘matik’ yang dimaksud joki langsung injek persneling tanpa main kopling  dan tanpa kurangi gas. Caranya? “Umumnya dimulai gigi 4-6, tapi ada juga yang dari gigi 2 sudah di ‘matik’. Cuma memang butuh keteletian modifikasinya agar empuk  dan awet, khususnya untuk yang dimulai dari gigi 2 tadi,” sebut Bendol yang sudah menanam teknologi itu pada Ninja TU-nya sejak gigi 2.

Makanya, Bendol coba kasih gambaran umum, ”Caranya sebenarnya mudah, tapi kadang jarang diperhatikan.  Cukup modul antar gigi dibikin longgar dengan ujung mata gigi yang tirus. Bubut juga as rasio minimal 0,5 mm. Hitungan antar gigi juga close, agar mudah pindah,” beber Bendol yang bersedia terima order bila ada yang berminat dan masih bingung dengan penjelasan tadi.

Kata Bendol siapkan uang Rp. 750 ribu dan hubungi 085743233617. Soal hasil, Ninja TU-nya contoh sering juara.  Wow!  Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2014; Kruk As Crypton Vs Jepang, Bebek 130 4-Tak TU, Juga Enak Buat Kohar!

DragBike 2014: Bracket Time Ramai, Cukup Rp 1,5 Juta Bisa Ikut Balap

Drag Bike 2014 Semarang; Ancaman Jupiter 130 Bendol, Sonic 130 Bima Aditya Mengintai!

 

 

BAGIKAN