nhk

Drag Bike 2014 Pertamina Senayan; Penyisihan FFA Chodox 7.110 Detik Setara 6.8 Detik!

 

ManiakMotor – FFA turut diramaikan hadirnya Andree Jess Sunarko, dragbike senior kawakan asal Jakarta. Kali ini Andree memacu KTM250SX, dari pengamatan reporter spek motor masih standar, rangka juga ayu. Maksudnya standar ting-ting, bukan Ayu Ting-ting. Andree sendiri hanya mencetak 8.088 detik dan masuk ke babak final.

Cerita FFA (Free For All) pada Pertamina Enduro Drag Bike (PEDB) seri 1 di Parkir Timur Senayan, Jakarta (17-18/5) menanti lompatan Eko Chodox Sulistyo. Maklum di tempat yang sama Chodox pernah  6,7 detik di atas KTM250SX atau motor yang sama digunakan sekarang. Dengan sensor lampu yang mengunci roda depan pada dua titik, Chodox sendiri tak yakin rekor itu terulang.

Makanya, Chodox saat penyisihan bisa pertama, tapi time hanya 7.110 detik.  ”Berusaha untuk tidak keburu nafsu, jump start siap mengintai. Torsi motor juga harus diatur agar pas dengan lampu dan  tak liar. Dapat 7,1 detik, itu sudah bagus dan saya rasa setara 6.8 detik dengan sensor start versi lama,” komentar Chodox yang tak bisa jadi kodok untuk melompati sensor.

KTM250SX milik tim PME Abirawa GM Mimaki Racing Team ini hanya dilakukan repair berkala seperti ganti ring piston dan kampas.  Motor ini belum sempat melakukan perubahan settingan menyesuaikan  sensor yang sensitif. Padahal sensor macam ini harus mengandalkan torsi yang terukur. Itu ada hubungan dengan kompresi, bobot magnet dan knalpot.

Posisi kedua juga  KTM250SX yakni Richo Bochel dari tim Anker Sport IRC GM Ossa Racing Gas-Gas dengan 7.145 detik. Reza selaku kliker motor berbasis SE (spesial engine) ini menyebut kali ini doi merekontruksi ulang tabung knalpot, “Itu buat dapatkan tenaga bawah yang keras dan cepat keluar,” sebut Reza tanpa merinci berapa dimensi yang dimaksud.

Kelas ini sendiri diikuti 27 starter, selain KTM juga tampak Ninja Tune-up penguasa sport 2-tak 155 cc tune up ikut beradu. Tak ketinggalan matik kapasitas 300 cc, salah satunya malah berhasil menyodok di posisi ketiga yakni Syaiful Cibef (Jakarta). Kali ini Cibef memacu matik 330 cc milik tim GF Racing FT K-Tech.  Tunggu final bro! Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Pertamina Senayan, Jakarta 17 – 18 Mei 2014

Drag Bike 2014 Senayan: Pendol Penyisihan Ninja TU, Hanya 7.379 Detik

Drag Bike 2014 Senayan; Penyisihan Bebek 200 Milik Cebonk 7.532 Detik, Lawannya Sensor!

Drag Bike 2014 Senayan, Sensor Start Makin Sensitif

BAGIKAN