nhk

Drag Bike 2014; Rasio Dibikin Close, Dorongan Ninja Tune-Up Kurang Ke-7.1 Detik

ManiakMotor – Memangkas 0.3 detik di lintasan 200 meter bukan pekerjaan mudah, butuh proses. Proses dari trik dan skill joki membawa mesin sejak start sampai finish. Lalu proses korek mengorek mesin. Nah ini yang bikin kriting mekanik.

Sport 2 Tak 155 cc Tune-up alias Ninja Tune-up seperti janji mereka akan 7.1 detik harus melakukan proses di atas. Faktanya sampai sekarang, paling laju mereka dapat 7.2 detik. Konstannya sih bermain 7.3 dan 7.4 detik. “Saya lagi coba mainkan rasio, ada masukan dari Bowo (Samsonet). Sebelumnya, hanya gigi 4 hingga 6 dibuat ‘matik’, sekarang harus dari gigi 1 –  6,” buka Bendo AB Bendol dari TDC TRD Mc Racing.

Kata Bandol, hitungan rasio seperti itu sudah bisa digunakan di RX-Z dan 125 Z.  Memang bisa, putaran mesin tidak turun. Tetapi untuk mendongkrak ulang tenaga usai pindah gigi harus diperhitungkan. Maklum, karakter Ninja dan RX-Z berbeda. Ninja tipikalnya rpm tinggi, sedang RX-Z memiliki torsi yang besar. Selain hitungan yang close atau rapat dari rasio, botol yang jadi alur tungkai pemindah gigi juga lancar.

Aan alias Andoex yang fenomal bersama OP 27 Jogja pun memikirkan riset tersebut. “Beda dengan 4-tak,  mesin 2-tak sudah mentok bermain di porting, pengapian, dan knalpot. Makanya, lagi coba transmisi,” ungkap Aan. Walah….

Entah lagi kompakan, atau memang itu yang dipikirkan para kliker langganan podium kelas ini.  Nugroho alias Potter ketika dikonfirmasi bercerita hal serupa. Ia lagi utak-atik rasio. “Gigi 5 dan 6 (standart) kemarin masih terlalu close. Dorongan motor berkurang,” jelas Potter. 

Perhatikan baik-baik, pemikiran Potter dan Bandol, bertolak belakang. Yang dipikirkan Bandel sudah terjadi pada Potter. Karena terlalu close itu sudah sama dengan reduksi yang mereka sebut matik. Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Cimahi; Bowo Vs Batank, Derbi Ninja Tune-Up 155!

Drag Bike 2014; Joki Cewek Monita Wijaya, Kangen Pelintir Gas, Tangan Melintir..!

Drag Bike 2014; Tunggu Janji Bebek 4T TU 200 Cc Konsisten 7,3-7,2 Detik

Drag Bike 2014; RX-Z Vs Touch, Menggebrak Sport 2-Tak 140 cc Tune-Up!

 

BAGIKAN