nhk

Drag Bike 2014 Semarang: FU Solo Tanpa ‘Lawan’, Pakai Karbu PWK 38 Air Strike

 

ManiakMotor – Bebek 4-tak Tune-up 200 cc alias bebek 200 di Special Drag Bike Championship 2014 di sirkuit PRPP, Tawang Mas, Semarang, Jateng (21/6) memang kurang menggigit. Hanya terdaftar 9 starter, tak seperti biasanya bro. Beberapa jagoan pemain kelas ini memang pilih absen di Semarang dan ikutan di Surabaya, Jawa Timur di waktu yang sama.

Podium pun bisa ditebak. Ya, FU 200 milik Abakura Ditra Jaya (Solo), apalagi langsung dikebut tiga joki papan atas. Ketiganya adalah Yogie Keycot (Caruban), Eko Chodox (Semarang) dan Hendra Kecil (Magelang). Ketiganya  pun berurutan menempati tiga tercepat, dengan best time 7.680 detik oleh Keycot.

Tetap menarik, bukan persaingan 9 starter tadi. Tapi di antara tiga jagoan pakai FU Solo dikorek  Wawan Kristiarto. Wawan sendiri sesaat sebelum race dilepas, bercerita performa FU-nya masih memble pada beberapa event terakhir. Makanya, catatan waktu yang dibuat masih belum beranjak dari 7,6 detik. Time segitu memang masih jauh dari target kelas ini, apalagi dibandingkan dengan Sonic 200 saat di event TDR Tegal lalu yang 7.3 detik. Wkwkwkw…. kenapa ketawa?

Saat ini pun Wawan masih berkutat  karbu PWK Air Strike 38, itu sama dengan venturi karbunya 38 mm. Karbu itu memang kerap diaplikasi di Sport Tune-up macam Ninja TU. “Kemarin pakai diameter 34 mm, tapi malah minta yang lebih besar lagi mengejar CFM yang masuk. Konsekuensinya, joki berani buka skep sampai 75% saat start. Mubazir dibuka kecil,” urai Wawan seraya sebut settingan itu diimbangi kompresi 14,2:1.

Bandingkan dengan Fauzan Conk pada FU Kolor Ijo korekannya yang pakai venturi 35 mm. Tapi itu sih bicara idealisme masing-masing juru korek. Pakai 40 mm no problem. Persoalannya efisiensinya dapat nggak??? Ya kolo nggak, riset lagi..! Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Semarang, Jateng, 22 Juni 2014

Hasil Drag Bike Surabaya, Jawa Timur, 22 Juni 2014

Drag Bike 2014 Semarang; 400 Starter, Rame Di Bracket 9 Detik dan Khusus Pelajar

Drag Bike 2014 Semarang; Ninja TU 155 Mengadu CDI Standar!

Drag Bike 2014; Spanyol Vs Indonesia, FFA s/d 350 cc! Mantap..!

 

BAGIKAN