nhk

Drag Bike 2014 Semarang, Klep Titanium Vs Klep Sonic, Bebek 130!!

 

 

ManiakMotor – Klep titanium dan klep Sonic (standart) di bebek 130 bukan hal baru. Dan memang itu isinya kepala silinder bebek aduan di drag bike dan road race. Sekarang cerita  klep di Special Drag Bike Championship 2014 di sirkuit Tawang Mas, PRPP Semarang, Jateng (21/6) lalu.

Nugroho alias Potter dari OTD Jogja dengan Yamaha Crypton pakai klep Sonic dan Wayank from TDC V-Reinz ABRT 20 Solo bersama Yamaha Jupiter dengan klep titanium. Lima podium pun jadi milik dua motor itu. Speknya mirip-mirip MP1 di road race. Hendra Kecil (Magelang) yang menunggang  Crypton tercepat dengan 8.225 detik, disusul Yogie Keycot (Caruban) juga dengan Crypton 8.250 detik. Lalu, Jupiter Wayank ketiga dengan Galih Dwi (Boyolali) pada 8.294 detik. Rapat..!

Tak serta merta dismpulkan klep Sonic lebih baik dibanding material titanium. Jangan-jangan juga milik Sonic ada campuran titaniumnya, hehe. Yang jelas kedua motor itu seimbang. Penentunya  faktor joki yang sedang hoki atau memang skill.

Wayank sebut batang klep titaniumnya berdiameter  4,5 mm milik Kawasaki KX250 (SE). Secara teknis klep ini punya kelebihan pada mekanikal mesin yang ringan. Itu lantaran unsur titanium secara struktur kimiawi punya sifat ringan, kuat dan kecil.  Dengan batang kecil ini menguntungkan saluran porting bikin debit bahan bakar lebih banyak.

Kata Wayank hasil dyno dijelaskan mesin pun dapat menggapai 26.8 dk pada kitiran 12.500 rpm.  Pakai klep Sonic hanya 26,1 dk. “Torsi juga naik pakai klep titanium. Padahal tanpa ubah yang lain-lain atau hanya membedakan kedua klep tersebut pada korekan yang sama,” sebut Wayank yang bisa dihubungi di 081335956555. Maksudnya, kalo mau pesan klep titanium sekaligus mesin silakan dikontak. Wkwkwkw..  

Itu pun diakui Potter bahwa Sonic memang kalah ‘segalanya’, “Harga lebih murah saja dan gampang dicari. Bandingkan  titanium bisa sampai Rp 1,1 juta, sedangkan Sonic cukup Rp 175 ribu. Tinggal bagaimana kita mensinergikan kerja mesin secara menyeluruh. Apalagi klep Sonic juga teruji pada daya tahan,”yakin Potter. Jadi, pilih klep titanium ato klep Sonic?Pastinya, semua sudah teruji podium tuh!Eit, tapi bisa alternatif klep lain tuh. Penasaran? Tunggu ditulisan tips ya. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Semarang, Jateng, 22 Juni 2014

Drag Bike 2014 Semarang: FU Solo Tanpa ‘Lawan’, Pakai Karbu PWK 38 Air Strike

Drag Bike 2014 Semarang; 400 Starter, Rame Di Bracket 9 Detik dan Khusus Pelajar

Drag Bike 2014 Semarang; Ninja TU 155 Mengadu CDI Standar!

Drag Bike 2014; Spanyol Vs Indonesia, FFA s/d 350 cc! Mantap..!

 

 

 

BAGIKAN