nhk

Drag Bike 2014 Semarang; Walau Lintasan Basah Ninja TU Tetap Dapat 7.2 Detik

 

ManiakMotor – Sport Tune-UP 150 Cc 2-Tak muncul dua Ninja TU karya Solikhin dari So-Tech Racing Team (Semarang) dan Aan from OP 27 (Jogja). Mereka bertanding di Tawang Mas, PRPP, Semarang, Jateng (19/7) dalam rangka SSC Ramadhan Dragbike. Dan pemenangnya  Galih Dwi (Boyolali) dengan catatan waktu 7. 274 detik. Galih mengaku menggunakan jurus sabar dan konsentrasi di lintasan basah Tawang Mas.

Galih ini bukan naik di antara motor debutan itu. Galih juga baru terdengar di kelas yang didominasi Ninja ini. Cerita power yang lebih kecil unggul di wet-race sebenarnya juga tidak, sebab malamnya lintasan sudah mulai mengering. Buktinya, catatan waktu  tak terlalu terjun bebas dibanding best time konsisten kelas ini 7,1 detik. “Tetap saja harus sabar lantaran bermain malam dengan lintasan kurang normal,” kata Galih.

Trik tadi juga diakui oleh Bowo Samsonet (Magelang) yang kedua. Bowo pakai Ninja yang sama dengan Galih. Ninja ini karya AB Bendol. Bowo  dikenal tipikal joki yang langganan gagal podium bila berhadapan dengan trek dan sensor lampu mengadu kesabaran. Itu yang berkali-kali dikatakan Bendol dari Salatiga itu.

Kata Bendol motornya kompetitif. Tugas joki-lah mensiasati kondisi lintasan, “Sebenarnya ini mesin yang dipesan konsumen dari Jatim. Coba piston 60 mm, jadi gak lewat stroke-up tapi bore-up.  Memang berisiko kemasukan air bila boringnya gak kuat,” urai Bendol yang sumringah lantaran di kelas lain Jupiter 130 terbarunya mulai bertaji. Wow, Jupiter 130 Bendol? Ya, itu diulas ditulisan selanjutnya.

Untuk Ninja TU-nya tetap disetting. Logikanya sederhana untuk mengurangi spin. Hanya final gear atau sproket dibikin berat perbandingannya. “Itu pun hanya dikurangi satu mata gir belakang dari 37 jadi 36. Spuyer tetap, hanya setelan angin dibikin agak basah,” urai Bendol yang sama dengan sekrup angin diputar maju sikit.

Ninja ini dapat perlawanan dari Ninja TU korekan Dwi Batank sendiri. Posisi ketiga memang didapat  Batank dengan 7.384 detik. Lho dua Ninja baru tadi ke mana? Ardel  

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Semarang (Ramadhan Race), Jateng, 19 Juli 2014

Hasil Drag Bike Cimahi (Ngabuburit), Jabar, 20 Juli 2014

Drag Bike 2014 Cimahi: Ngabuburitnya Sedot 357 Starter, Bracket 8 Detik Diminati

Drag Bike 2014 Semarang; Wet Race, Adu Halus Batank Vs Chodox, Skor 5-2…!

Drag Bike 2014 Semarang; Ramadhan Night Race, Penantang Baru Bebek 130 Cc 4-Tak

  

BAGIKAN