nhk

Drag Bike 2014 Senayan: Motor Listrik TDR ZX Zero, 7.6 Detik!

 

 

ManiakMotor – Catatan 7.6 detik itu sama dengan Bebek 200 4T TU yang telah dikorek habis. Tapi  ini pakai motor listrik satandar. Motor listrik yang pernah diperkenalkan TDR yang TDR ZX Zero. Catatan itu didadpat saat uji coba oleh Adi S Tuyul (Surabaya) di  TDR International Drag Bike Championship di lintasan 201 meter Parkir Timur Senayan, Jakarta (30/11).

Gara-gara ‘rekor’ itu, perlombaan sempat dihentikan. Penasaran? Ikuti saja ceritanya…! ”Jujur, ini kali pertama aku coba motor ini, bisa tembus 7,6 detik dengan spek standart. Itu pun ban kurang grip karena kebanyakan kembangnya,” komentar Tuyul sesaat setelah finish.

Dilacak lebih lanjut spek standar, dinamo penggerak TDR ZX Zero kira-kira setara motor yang punya silinder 500 cc. Kan tenaganya  54 hp (40 kW) dan torsi 92 Nm (68ft-lbs), dan top speed 95 mph (153 km/jam). “Ini ekshibisi! Mengenalkan produk TDR FX Zero (motocross) dan TDR ZX Zero yang memang untuk jalan raya. Ini teknologi ramah lingkungan basis motor masa depan. Penggerak listrik,” kata Benny Rachmawan dari Mitra 2000 yang mengedarkan TDR.

Awalnya, sih sekadar mencoba-coba menjawab penasaran. Adalah Ardan Sauqi pembalap road race dari tim Yonk Jaya yang ditunjuk panitia menjajalnya. Tapi yang lain tergoda, macam Faryd Sungkar bos FR Action Event, pelaksana drag bike TDR.

Eh, tiba-tiba ada ide dicoba dengan timing system. Beberapa test rider sebelumnya termasuk Ahmad Jayadi yang pembalap top Indonesia di zamannya itu, ikutan. Pembalap dari Pondok Gede itu hanya mampu di 9 detik-an. Giliran Adi S Tuyul yang aslinya memang pembalap drag bike dan jago membaca lampu start, ‘berlari’ 7, 6 detik, tepatnya 7.649 detik.

Tak lama berselang Tuyul finish, test ride yang lain ‘menghebohkan’. Tampaknya doi terlaluj nafsu. Padahal pakai tipe motocross yang bannya juga semi aspal dan tanah. Doski tak mampu menahan besarnya power FX Zero, lampu sensor pun disikat sampai roboh.  Beruntung dia menggunakan piranti keselamatan lengkap, lampu pun masih bisa ditangani, tidak seperti di Kediri, Jatim.  Wkwkwk… Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike TDR Senayan, Jakarta, 29 – 30 November 2014

Drag Bike 2014 Final TDR Senayan; Duel FU Malang Di Bebek 200, Time 7.525 Detik!

Drag Bike 2014 Kediri Jatim: Balap Akhirnya Distop, Penonton Benaran Ngamuk..!

Drag Bike 2014; Final TDR Senayan; Final Matik 155, Cendy Gerry Vs Bayu Ucil, Point Sama 47!

BAGIKAN