nhk

Drag Bike 2014 Sentul; Cebonk Tercepat di Semua Kelas Dengan Matik/Matic FFA

 

ManiakMotor – Best time yang 7,016 detik terpaksa diambil dari hasil penyisihan di Drag Bike D2 Sentul. Ahad 20 April 2014 itu, ada enam kelas yang gagal maju final, lantaran hujan lebat di Sentul Besar. Catatan tadi atas nama Alvan Cebonk di Free For All (FFA) Matik s/d 350 cc.

Bisa saja, catatan tersebut akan lebih singkat  mengingat baru dicetak di penyisihan. Di sesi penyisihan, joki belum mati-matian lantaran cari aman menuju final, jangan sampai jump start. “Targetnya memang di bawah 7 detik. Dan itu pasti bisa tercapai dengan bobot Cebonk yang hanya 35 kg,” cerita Utomo dari Tomo Speed Shop GM (TSSG) pemilik Yamaha Mio FFA tersebut.

Padahal TSSG mengaku sudah mendapatkan settingan yang bisa diadu untuk lebih cepat di final. Misalnya perbandingan kompresi disesuaikan dengan bobit tubuh Cebonk yang ringan. Kompresi diturunkan dengan menambah paking selembar lagi yang jadi dua lembar.

Hitungannya, bila mempertahankan kompresi sebelumnya tenaga terlalu kuat di awal putaran mesin. Tenaga akan percuma dengan spin yang banyak di start. “Dengan kompresi turun ada dua keuntungannya bila Cebonk yang bawa. Tenaga bawah lembut, rpm bisa lebih tinggi dan top speed naik,” beber Utomo sembari diangguki si Cebonk.

Selebihnya dicari ulang settingan karbu sesuai bergeraknya kompresi dan cuaca yang mulai mendung di Sentul.  Dapatnya pilot-jet  45 dan main-jet 132. Penyesuaian lain pada tekanan angin ban IRC Eat My Dust yang  dibikin 10 psi belakang. Juga helmnya disetel pakai GM, hehehe!  Ghalib

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Sentul, Bogor, Jabar 20 April 2014

Drag Bike Sentul 2014: Cebonk Membawa FU TSSG 7,4 Detik Bebek 200cc, Chodox Disikat

Drag Bike 2014 Sentul; Aspal Sentul Ujian Mesin Sebenarnya, Diikuti Joki Papan Atas

Drag Bike 2014 Jelang Sentul: Karisma Bebek 130 Riset Klep EE, CDI Rextor ProDrag

BAGIKAN