nhk

Drag Bike 2014 Sentul; Honda Karisma Jawara Bebek 130 Cc, Timing CDI Rextor ProDrag

 

Maniakmotor –  Sesuai prediksi portal ini, Honda Karisma milik tim VND Vincent JFK Racing memang podium pertama. Tentu di Bebek 130 cc TU-Tak pada event Drag Bike D3 Sentul. Event ini berlangsung 20 April 2013 di Sentul Besar yang dihadang hujan lebat di sesi final.

Lagi-lagi si Alvan Cebonk yang ditunjuk sebagai eksekutor dan mampu berlari 8.211 detik.  “Time itu tak sesuai target, tapi patut disyukuri, lantaran podium pertama. Apalagi di kelas ini dihuni pembalap nasional kelas wahid,” ucap Vincent, si bos tim. Ia sembari bilang, bila cuaca tak berubah pasti catatan waktunya bisa lebih singkat.

Maklumlah, nih motor disiapkan dengan matang untuk diuji performa sebenarnya setelah juara umum tahun lalu di Pertamina Drag Bike. Pokoknya sudah diberi part anyar seperti CDI Rextor ProDrag dan knalpot berlabel Jonea. Kedua komponen tersebut langsung diset-up penelur masing-masing komponen. Ahlinya langsung yang tangani.

Knalpot  punya diffuser  yang diameternya 33 mm atau  lebih kecil 1 mm dari AHM yang digunakan sebelumnya. Silencer juga berubah 3 inci dengan diameter sarang lebah 22 mm. “Spek bersama klep EE, minta timing CDI Rextor 39o pada 9000 rpm dengan limiter 14.200 rpm,” rinci Ope, mekanik tim Vincent yang mengoprek Karisma. Katanya, bebek ini sempat naik mejaDynojet 250. Sayang tak disebut seberapa signifikan naiknya torsi dan power.  

Begitu juga dengan hitungan rasio yang kembali direvisi dari versi sebelumnya. Sebabnya, komposisi rasio sebelumnya dianggap terlalu ringan dan jadinya pendek-pendek reduksinya. Itu tanda, performa motor naik tajam. Sekali lagi, cuaca yang tidak menentu di Sentuil, tim menganggap hasil catatan waktu belum jadi patokan. GS

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Sentul, Bogor, Jabar 20 April 2014

Drag Bike 2014 Sentul; Cebonk Tercepat di Semua Kelas Dengan Matik/Matic FFA

Drag Bike Sentul 2014: Cebonk Membawa FU TSSG 7,4 Detik Bebek 200cc, Chodox Disikat

Drag Bike 2014 Sentul; Aspal Sentul Ujian Mesin Sebenarnya, Diikuti Joki Papan Atas

Drag Bike 2014 Jelang Sentul: Karisma Bebek 130 Riset Klep EE, CDI Rextor ProDrag

 

BAGIKAN