nhk

Drag Bike 2014 Seri-5 Pertmaina, Delta Mas, Cikarang: Final Bebek 4T TU 200, Akhirnya 7.4 Detik FU Chebonk

 

 

ManiakMotor – Bila nggak salah ingat, soalnya buka-buka catatan lama butuh waktu lama pula! Sejak diberlakukan sensor 1 titik di Pertamina Enduro Drag Bike, catatan 7.4 detik sudah sangat susah didengar di Bebek 200 cc TU 4T.  Ya kalau di luar PEDB sih sering bikin catatan itu bahkan lebih cepat lagi.

Tadi pada Ahad 23 November saat final Bebek 200 di lintasan Delta Mas, Cikarang, Jabar, muncul semata wayang catatan 7,448 detik. Itu catatan satu-satunya 7.4 sekian-sekian yang dibuat Alvan Chebonk dari Kolor Ijo. Doski memakai Suzuki FU korekan Mr.Conk.

“Saya penasaran dengan kompresi makin ditinggikan, tapi makin sulit dapat 7.4 detik. Makanya coba dibalik teori dan prakteknya, kompresi diturunkan jauh, eh hasilnya maksimal,” imbuh Conk dengan senyum keberhasilan.

Di tengok di lintasan langsung adalah koloborasi dengan skill alamiah si Chenbonk. Ini anak bengis dari start. Cepat menaikkan putaran mesin, namun berlangsung halus teratur alias terurut sesuai grip ban ke aspal. Jadi, bila diberi power lembut seperti cara menurunkan kompresi, klop dengan dirinya. Torsi yang berkurang, tertutup cara bawa si Chebonk dan malah menguntungkan nafas motor yang akan muncul di putaran menengah sampai atas dan tetap bertenaga sampai  fnish.

Apa betul geetu, ‘Dek Chebonk?  Eh, yang ditanya malah geleng-geleng kapala, karena tugas Chebonk adalah ngegas. Tugas mekanik menyeting dan menyesuaikan dengan cara bawa Chebonk. “Beda dengan yang dulu-dulu. Di final ini saya mudah mengontrol power dari start sampai jarak 50 meter,” kata Chebonk yang artinya sama dengan analisa portal ini di dua alenea di atas.

Tapi tetap okelah dan top markotop – ya harus dipuji – FU Abakura Dirtajaya alias FU Solo yang sedang bangkit. Walau tak berhasil menyamakan catatan  waktu seperti di Bantul dua minggu lalu bisa 7.3 detik, toh tetap kedua di tangan Eko Chodox di seri akhir PEDB ini. Malah persaingan Chodox dan Chebonk enak dilihat dari papan pencatatan waktu. Keduanya bersaing ketat dari penyisihan.

Demikian pula Luluk Ucil yang menunggang motor yang sama dengan Chodox alias FU Solo yang di penyisihan tercepat. Mental bertandingnya masih goyah. Buktinya ia melakukan kesalahan yang tak penting dan membuatnya harus puas ke-6. “Roda depan ngangkat lama di start. Saya terlambat membaca lampu,” jelas Luluk.

Ya selamat buat Chebonk. Rzk

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Pertamina TPM, Delta Mas, Cikarang, Jabar 22 – 23 November 2014

Drag Bike 2014 Seri 5 Pertamina, Cikarang: FFA Dipermalukan Matik Karbu UMA Racing, Best Time Matic

Drag Bike 2014 Seri 5 Pertamina TPM Deltamas, Cikarang FFA: GazGaz Nongol Dengan Sistem Turbo, Hasilnya?

Drag Bike 2014 Final Pertamina TPM Cikarang: Sport 155 Rangka STD, Pesertanya Ganas

Drag Bike 2014 Final Pertamina Cikarang: Penyisihan Sport 2T TU 155 cc, Ninja Poter Gulung Kolor Ijo

Drag Bike 2014 Seri 5 Pertamina TPM Delta Mas Cikarang: Penyisihan Bebek 4T 130, Cebonk 8.3 Detik

BAGIKAN