nhk

Drag Bike 2014; Suspensi, Ban Dan Tenaga, Satu Kesatuan Saat Start..!

 

ManiakMotor  Suspensi dan tenaga (mesin) itu satu irama, terutama yang belakang. Ia saling respon dengan power. Suspensi inilah yang akan bekerjasama dengan grip ban saat dapat tenaga.

Demikian pula pada drag bike. Apalagi start itu punya pengaruh 75% di arena balap lurus ini. “Tolakan suspensi harus pas dengan grip ban dan putaran mesin sesuai feeling,” ucap Eko Chodox, pakar start di drag bike di Nusantara ini.

Maksudnya, semakin pas setingan suspensi, tenaga tidak banyak terbuang pecuma. “Malah pas sekali, bikin joki mulus saat start,” analis Swega dari RAT Motor Sport, Sidoarjo, Jatim yang memang paham seluk beluk balap karapan itu. 

Bicara suspensi, beragam merek yang ditawarkan, masing-masing punya keunggulan.  Di sana ada ukuran rebound, diameter ulir, kerenggangan pernya sampai klik yang bisa diatur-atur sesuai maunya tenaga dan joki.

Karena itu, latihan seting paling utama di drag bike. Kemungkinan juga bisa diterapkan di balap liar, hehe.  “Carilah sokbreker yang mudah disetel. Misalnya tinggal putar sesuai keinginan pembalap. Lalu cari sudut kemiringannya sampai pas dengan cara dicoba berkali-kali,” urai Solikin, juru korek So-Tech untuk Kawasaki Ninja tune up.

 

Beda dengan motor yang turun di Sport 2-tak Standar. Karena harus menggunakan suspensi belakang asli, maka harus berani melakukan ubahan. “Ulir sok harus dipotong. Tujuannya, sokbreker bikin ayunannya jadi rigid. Tekanannya terhadap roda lebih banyak,” timpal  Mahmud Arjuna,  Sport 2-tak Standar 150 cc dari tim KDX Zivana C-Duckz.

 

Untuk bebek banyak yang memilih sokbreker aftermarket. Banyak yang dijual dan banyak yang pakai. “Kualitas sokbbrteker after market sudah bisa dideteksi dari harga. Makin mahal makin bagus, mudah disetel,” sambung Utomo dari Tomo Speed Shoop (TSS) yang pakai YSS.

 

Mantap! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2014 Wonosari; Bebek 200 Disisikat FU K-Ijo, Chodox Best Time 7.029 Detik!

Drag Bike 2014 Wonosari; Suzuki FU Solo Tantang Honda Sonic 200 Thailand Yang 7.3 Detik

 

BAGIKAN