nhk

Drag Bike 2014, Wajib PertamaxPlus, Tinggal Atur Kompresi..?

 

 

ManiakMotor – PertamaxPlus (PP) terbukti stabil diterapkan di IndoPrix 2013 dan MotoPrix (MP). Di MP memang baru 2014, tapi beberapa tim menggunakannya pada 2013. Stabil di sini banyak artinya. Stabil ketersediannya, stabil mutunya, stabil harganya, “Stabil juga pada mesin, karena settingannya berdasarkan mutu bahan bakar. Daya tahan mesin lebih panjang,” jelas Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech.

Peraturan ini juga berembus sekencang macam motor trek lurus alias drag bike. Malah katanya salah satu serial drag bike yang jadi barometer di Indonesia yang disponsori Pertamina akan menjadi kelinci. Kelincinya bukan siluman yang tiba-tiba berubah jadi event dan tidak mungkin itu terjadi, tapi event ini proyek contoh.

Itu dia Pertamina Drag Bike yang dikelola TrendyPromo Mandira (TPM), “Memang disponsori Pertamina pada 2013, tapi itu kan Pertamina Enduro atau divisi pelumasnya. Mewajibkan peserta menggunakan PP masih menunggu imbauan dari para pengatur regulasi,”  tukas Helmi Sungkar selaku promotor dari TPM. 

Wawan Kristiarto selaku kiliker Satria FU Solo dari Tim Abakura salah satu yang sering bertanya perihalnya, “Ini kan berhubungan dengan riset terhadap laju motor. Jujur saja saya bingung, karena risetnya tidak bisa singkat. Sementara bahan bakar di bebaskan saja masih terus cari yang pas. Memang hanya menurunkan kompresi cerita pakai oktan 95 pada PPi. Dengan turunnya kompresi kan banyak item harus disesuaikan ulang,” ujarnya sembari khawatir kecepatan motornya akan turun. 

Ini juga pernah menghinggapi peserta IP dan MP. Eh, sekarang malah kencang PP dibanding bensol. Rpm bisa lebih tinggi dan terutama kestabilan mutu yang membuat risetnya fokus.  Catatan waktu tercepat di Sentul International Karting dan Sentul besar telah terpangkas oleh PP.

 “Selama settingan pas, tidak masalah. Cuma yang harus diperhatikan jangan sampai aturan ini mendadak, ujar Harry ‘Uda’ juru korek dari Harry Motor yang identik dengan mesin 2-tak. 

Pengurus Balap Motor di PP IMI lewat Eko Ryanto yang menangani drag bike menyatakan…. Eh, dengar baik-baik nih. Katanya, tahun depan untuk drag bike pada aturan bahan bakar masih bebas. “Saya ulang lagi ya, pada 2014 masih bebas soal bahan bakar,” jelas Eko. 

Tuh kan masih bebas. Adit

BACA JUGA

Drag Bike 2013 Jelang Klaten; Sabrina Sameh Vs Monita Wijaya Di FU Standar..!

Drag Bike 2013; Jagoan Bebek 4-Tak 130 Cc, Rata-Rata Pakai Karbu PWK Sudco 28

Drag Bike 2013 Solo; Bebek 200 Cc Suzuki FU 40 HP 7.483 Detik, Tapi Didiskualifikasi..!

Drag Bike 2013 Delta Mas Cikarang; Kopling Gosong Saat Start Pakai Rem Depan-Belakang

Drag Bike 2013 Solo; ‘Hadir’ Suzuki FU Injeksi, Pakai Throttle Body CBR!

 

 

 

 

BAGIKAN