nhk

Drag Bike 2015: Awass..!! Jupie V-Reinz Ancaman Bebek 4T TU 130 cc, 27 Dk

 

ManiakMotor – Sepak terjang Jupie V-Reinz di dragbike kelas Bebek 4T TU 130 cc memang patut diperhitungkan. Itu bila melihat prestasinya yang pernah podium kesatu di drag TPM Senayan tahun lalu. Di level kejurda Jatim dan Jateng pun langganan menyapu kelas ini.

Kembali di tahun 2015 ini, Ari Setiawan sang kiliker dikabarkan sedang serius menyiapkan racikan mesin baru. Ada temuan-temuan gress di Jupie ini untuk kebut lurus 201 meter. “Tahun ini fokus pada rasio, pengapian dan kompresi diturunkan sedikit sesuai hitungan rasio,” kata Ari dari markas V-Reinz di Pulau Dewata Bali.

Rasio dibkin lebih close (rapat) lagi sehingga rpm nggak banyak turun saat proses pindah gigi. Hitungannya gigi pertama 13-33, gigi dua 16-28, gigi tiga 22-30 dan gigi empat 23-26. Hasilnya makin mantap dengan dukunganan CDI Rextor Pro drag 2 yang punya fitur quick shifter. Tentu saja nggak perlu lagi remas tuas kopling saat pindah gigi tadi.

Ada hubungan dengan ruang bakar. Dengan rasio yang tepat kompresi nggak perlu tinggi-tinggi amat. Sebelumnya Jupi garapannya selalu pake kompresi pada kisaran 14-15:1 yang disiram avgas atau bensol. “Sekarang dome piston yang rendah, kompresi akan dapat 13:1 dan minum pertamax plus,” ucapnya sembari bilang kalo dia siap terima order mesin serupa seharga 35 jeti.

Teorinya dengan kompresi rendah  putaran atas lebih jalan, tapi torsi putaran bawah agak lemah. Makanya diatur dari rasio,  balancer dan magnet dibikin lebih ringan agar putaran mesin cepet naik. Meski Ari tak merinci soal bobot balancer tadi,  katanya berkat ubahan di atas tadi powernya udah ketemu 27,5 dk dan katanya bakal terus dikembangkan lagi. GS

BACA JUGA

Drag Bike 2015: Sistem Turbo GazGaz FFA Disetel 1 Bar, Minta Oktan Tinggi, Kompresi Rendah

Drag Bike 2015: GazGaz FFA Ganti Pengapian KTM250SX No Limit, Koil TK-Racing

Drag Bike 2015; Lagi, Tim ‘Baru’ Jakarta Pakai MX135 Bebek 200 cc 4T, Best Time 7.4 Detik

Drag Bike 2015 Tegal: Starter Di Atas 500, Penonton Penuh, Untunglah..!

BAGIKAN