nhk

Drag Bike 2015; Bearing/Laher TK Racing Ajaib, Tambah Tenaga 5 Dk

ManiakMotor – Dikenal sebagai laher high speed untuk meringankan beban kruk-as. Akan tetapi laher model seperti itu jarang diuji dengan detil. Mungkin para penggunanya sudah percaya saja, pakai laher racing. Padahal banyak laher yang acak kadut. Bahkan, merek-merek terkenal dipalsukan. Makanya yang satu ini laher ajaib yang bisa mendongkrak tenaga 5 dk. Itu lebih-lebih dari beli karburator dan knalpot racing, hehe.

Karena itu, buat mesin standar, yang korek jalanan, apalagi buat balap benaran macam drag bike, nih ada produk TK Racing produk terbaru. “Awalnya sih kaget. Saya kan punya beberapa laher high speed, tapi ketika pakai TK Racing putaran mesin jadi enteng. Konsumen yang pakai Ninja korek harian juga coba-coba, jadi puas,  nggak mau dilepas tuh lahernya,” kata Ahak, tunner senior bangat dari Ahak Racing Team di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penasaran, Ahak membawa Ninja 150 konsumennya ke dyno milik Polaris 99 di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota. Eh lho kok, bukannya Polaris 99 sebagai distributor TK Racing?

“Iya saya paksa distributor lahernya membuktikannya sendiri, hehe. Naik 5 dk top pada Ninja 150. Saat diukur pakai laher standar Ninja ini hanya cukup 27 dk di gigi tiga. Dengan motor yang sama dan percepatan yang sama pakai laher TK Racing menjadi 32 dk. Sudah gitu untuk mencapai 37 dk hanya butuh waktu 3 detik dan yang standar 6 detik. Ingat ya itu di dyno,” jelas Ahak yang masih kadang-kadang ikut drag bike resmi, tapi lebih banyak ikut balap malam. Wahh…

Menurut Ahak, naiknya dk semata gesekan yang singkat antara peluru dan rumah laher. Jadi torsi yang dihasilkan kruk as berlangsung  tanpa hambatan. Buat penggemar kecepatan akan menikmatinya. Sedang yang doyan irit, pastilah lebih ekonomis bahan bakarnya, kan mesin bekerja lebih ringan. Keunggulan lain laher ini, nggak berubah walau pernah dicopot dan dipasang lagi pada crank case. Maksudnya, walau terjadi bongkar pasang, tak akan menurunkan kinerja laher.

Selebihnya soal harga. Laher yang setara produk Jepang misalnya di atas Rp 1,5 juta untuk sepasang. “Yang ini cukup setengahnya atau sekitar Rp 750 ribu. Memang teknologi Eropa yang digunakan pada laher TK ini. Kami menyediakan untuk semua motor asal sama nomor kodenya. Misalnya yang dipakai di Ninja 150 boleh juga dipakai di Honda Blade dan seterusnya,” timpal Rudi Setio dari Polaris 99.

Mau lengkap ada tulisan lanjutannya yang lebih detil. Tapi kalau buru-buru mau beli, silakan ke Polaris 99 yang menjual TK Racing. Nih alamatnya Jl.Kebon Jeruk III No.99, Jakarta Barat 11160, CP: Yani (Sales support),Telp: (021)62309552-98209518 atau Jl.Kebun Jeruk III No.51, Jaksarta Barat 11160 dan Telp: 021-6592128. Boleh juga ke http://www.sukamol.com/. Inilah situs soal komponen motor terlengkap di Indonesia. Prat

BAGIKAN