nhk

Drag Bike 2015; Bebek 130 4T TU, Roller Blade Vs Templar Crypton, Dyno Nggak ‘Bohong’?

   

 

ManiakMotor – AB Bendol punggawa ABRT (Salatiga) dan Ari V-Reinz dari  V-Reinz Racing (Bali) mengaku sahabat. Keduanya, biasa tukar pikiran, utamanya soal bebek 130 cc 4T TU. Bahkan, keduanya bersama Wayank (Solo) pernah mengibarkan bendera V-Reinz.

Kali ini keduanya beda ‘prinsip’ tapi dengan tujuan yang sama yakni menjadi tercepat di lintasan. Ujung-ujungan bikin dapaur mereka ngebul alias kebanjiran order seiring ketenaran nama  di drag bike tanah air. Bendol pada riset terbarunya lebih sreg dengan tidak pakai roller tapi cukup dengan templar Crypton.

Sementara Ari yakin mekanisme roller lebih optimal. “Secara teknis roller itu bisa lebih licin, efisiensi mekanisnya lebih bagus, bikin mesin ringan. Roller yang umum dipakai adalah milik Honda Blade,” tegas Ari V-Reinz seraya bercerita kalo power motornya memang di kisaran 29, 3 dk dan stabilnya 29,2 dk (13.200 rpm), dengan torsi 17,4 stabil 17,2 (10.800 rpm) diatas dyno Rextor. Tuh kan!

Sedang Bendol walau dk-nya hanya 26,2 dk (templar Crypton) kalo digas ditempat lebih kejam dibanding yang 28 dk dengan roller. “Faktanya, mesin-mesin dengan templar masih bisa melawan. Di sirkuit powernya masih bisa dimainkan dari berbagai sisi,” sahut Bendol yang seolah punya prinsip yang beda dengan sohibnya itu.

“Jangan salah! Kalo eksekutornya, hapal karakter mesin roller, yakin deh lebih unggul dibanding templar. Power roller memang lebih besar dibanding tempalar Vega atau Crypton. Bisa terbaca kok di dyno! Dyno nggak bohong lo? Heheh..,” kekeh Ari seraya menegaskan perbedaan prinsip macam ini yang bikin hidup drag bike tanah air.

Oh ya, lewat tulisan ini juga Ari meralat kabar sebelumnya yang menyebut riset terbarunya karburator Koso 30 mm, yang dimaksud adalah karburator Uma Racing 30 mm! Ardel  

BACA JUGA

Dragbike 2015: Joki Cewek Si Chiko Gaspol Kejurnas Bersama Pell’s Racing, Nantang Sabrina!!

Drag Bike 2015; Jupie 130 ABRT, Non Roller, Templar Crypton, 26,2 Dk, Sudah 8,2 Detik!

Drag Bike 2015; Jupie V-Reinz Pakai KarbuK oso 30 mm, Bebek 4T TU Naik 0,3 Dk!

Drag Bike 2015 Tegal: Bebek 200 4T TU, Korek Kompresi Tetap FU Solo, Libas 7.407 Detik!

BAGIKAN