nhk

Drag Bike 2015 Cilacap; Ninja TU ABRT Kuasai Super FFA Dengan Knalpot Creampie

ManiakMotor – Mesin Ninja korekan AB Bendol dari ABRT lagi fokus menyesuaikan dengan kalpot produk Creampie. Terutama yang berhubungan dengan saluran masuk dan buang. Kan knalpot yang mengolah gas buang. Apalagi di 2T, fungsi knalpot 30 persen ke atas untuk kinerja mesin.

Kata Bendol dia bikin tinggi lubang buang 28,3 mm. Padahal sebelimnya 29 mm. Kelihatan kecil, tapi kalau sudah putaran mesin, pengaruhnya besar. Risiko menguras tinggi lubang buang yang otomatis lubangnya jadi besar, sama saja menggeser power. “Memang tenaga muncul di rpm lebih tinggi, tapi kan diatasi oleh konstruksi knalpot, agar bawah tetap ada isinya,” jelas Bendol.

Hasilnya memang mujarab, Ninja spek Sport TU 155 yang artinya berkapasitas 155 cc itu, tapi bisa juara di Super FFA. Tepatnya di Drag Bike Cilacap, Kateng pada Ahad 25 Oktober 2015. Event di Jln. Dr. Sutomo itu, Ninja ABRT ini mencetak 7.060 detik. Catatan ini yang tercepat di Cilacap dengan joki Dwi Batank. Mantap.

Knalpot juga menurut Bendol dipesan yang big volume. Diameter perutnya saja 40 mm. Itu artinya, tenaga memang muncul telat, tapi sekali dapat, dapat seterusnya sampai finish. Nah, tenaga telat tadi akan berubah cepat tergantung skill joki. Soal itu tentu nggak ragu dengan keterampilan Batank di arena trek lurus, buktinya dia juara.

Ditambah pula dengan karbuartor PWM 42 mm. Ini karbu di Cilacap minta setingan main-jet 170 dan pilot-jet 75. Ibaratnya, kalau joki pemula yang bawah pasti akan kesulitan dan akan kelihatan pelan. “Mesinnya memang butuh ketenangan membawanya. Tenaganya harus diangkat lebih awal,” kata Batank  seraya mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu rekannya Suswanto alias Kecis (Semarang).

Kecis memang pribadi yang humoris dan aktif di beberapa event drag itu telah pergi untuk selama-selamanya (Senin,26/10) karena sakit. Dalam pantauan portal ini Batank memang punya kedekatan dengan almarhum. Terlebih saat Batank mulai popular dengan FU Solo (Abakura). Kecis kerap jadi juru bicara bagi portal ini. Selamat jalan kawan! Ardel   

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Cilacap, Jateng, 25 Oktober 2015

Hasil Drag Bike GM Jababeka, Cikarang, Jabar 25 Oktober 2015

Drag Bike 2015; Joki Cewek Monita Permata Wijaya, Sesalkan Rossi?

Drag Bike 2015 Cilacap; Sport 2T 140 TU, RX Z Rekor 7,1 Detik Vs Touch SC PWK 41

Drag Bike 2015 Jababeka; Bebek 130 cc 4T, Kejutan Jupie Faster Chiki PM, 8.253 Detik!

BAGIKAN