nhk

Drag Bike 2015 Final Kejurnas Surabaya: Bebek 130 4T TU, Karbu UMA 30 Vs PWK, Pemenangnya?

 

 

ManiakMotor – Kebetulan  duel di Bebek 130 cc 4T TU duel Jupie pengguna karbu berbeda. Tepatnya di final region drag bike di Kenjeran, Surabaya, Jatim pada 11 Oktober 2015. Kelas itu dijuarai Niko Sakau (Kudus) bersama Jupie korekan AB Bendol from ABRT (Salatiga).

Sakau makin sakau kalau nggak ngegas itu, dapat perlawan di Surabaya. Sakau membela panji Andy Speed ABRT 20 dan mencetak 8.313 detik. Catatan itu hanya unggul tipis pada best time yang bermain di 8,3 detik (4 besar).

Di balik itu, ada cerita menarik pada set up dan karakter karbu yang mengirim bahan bakar homogen ke ruang bakar dan menghasilkan tenaga.  Power yang keluar tentu harus disalurkan ban yang ngegrip. Power dan tipe ban nggak  ‘connect’ bikin over spin. Meski sedikit, tapi pada persaingan teknologi dan joki yang imbang bisa ‘fatal’.

Itu yang dirasakan Rizky Ferdianto kliker dengan bendera SJRT Uye-Uye.  Terpaut 0.017 detik Jupie korekannya yang dikebut Ricko Bochel (Surabaya) terpaksa menelan pil pahit sebagai tuan rumah. “Terkendala dengan ban. Padahal karbu PWK 28 Sudco sudah maksimal disetel sesuai suhu Kenjeran. Karbu ini punya karakter power bawah yang keras,” kata mekanik yang juga akrab disapa Bendol tanpa AB itu.   

Saat yang sama AB Bendol yang memakai karbu UMA Racing 30 mm, mengaku tetolong karakternya yang lembut. “Power menengah dan atasnya lebih bagus. Analisa saya, karena diameter karbunya sudah pas dengan mesin yang 130 cc,” ungkap Bendol dengan sumringah lantaran sukses podium pertama pada lomba yang diikuti kliker papan atas di kelas ini.

Hal serupa juga diakui oleh Ari ‘V Reinz’ Setyawan. Apalikasi karbu UMA 30 miliknya menempatkan Alvan Cebonk (Nganjuk) di posisi ke-4  dengan 8.398 detik. Cebonk di yang mendapatkan ‘wild card’ alias langsung masuk final sempat tercepat di sesi kualifikasi, “Persaingannya memang ketat. Perang mental dan power wajib optimal. Secara teknis tak a da masalah, terpenting progress riset UMA sudah mulai terlihat hasilnya,” yakin Ari seraya menyebut setting jarum karbu salah satu kuncinya. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Final Region Kenjeran, Surabaya, Jatim 11 Oktober 2015

Drag Bike 2015 Final Kejurnas Surabaya: Cebonk Juara Nasional, Karena Chodox Dan Batank Nggak Ikut

Drag Bike 2015 Final Kejurnas Surabaya: Ada 104 Starter (Kelas Kejurnas), Hadiah Total 50 Juta!

Drag Bike 2015 Final Kejurnas (Surabaya); Bebek 200, FU Pells VS FU Conk FU CMT

Drag Bike 2015 Final Kejurnas Surabaya: Bebek 130 4T TU, Hadir Blade Galank ART Cikiwul Feat OP 27!

BAGIKAN