nhk

Drag Bike 2015 Jogja (Kejurnas): Matik 200 Milik VRG R9, Klep Titanium 32/27!

ManiakMotor – Catatan waktu yang dibuat memang hanya  7.808 detik, tapi hasilnya podium puncak. Perolehan  itu sekaligus jadi bukti tulisan sebelumnya yakni; http://maniakmotor.com/index.php/dragbike/9506-drag-bike-2015-jogja-kejurnas-matik-200-milik-mio-r9-vrg-new-spek.  Mio 200 VRG ini juara Matik 200 di kejurnas drag bike di Pantai Depok, Jogja pada malam Minggu 1 Agustus 2015.

Speksifikasi korekan baru dengan diameter payung klep lebih kecil dibanding sebelumnya (32/27), bisa mengatur buka tutup bahan bakar masuk keluar. Diklaim klepnya titanium, batangnya kecil namun kuat. “Progressnya lebih sip pada ukuran klep lebih kecil. Sayangnya, Dafi Mini (Surabaya) sempat sliding. Tijil start memang  mulus tapi agak standing dikit dan telat baca lampu,” bilang Vincent Wijaya, bos tim R9 VRG Kawahara (Jakarta). 

Sudah pastilah untuk pengaturan gas buang dikelola knalpot R9. Justru dengan knalpot tersebut berani pakai diameter klep yang lebih kecil. Mesin memang padat tenaganya. Terlihat kok dari cara-cara Dafi dan Tijil membuka powernya di start. Memang sih hanya Tijil yang juara, sedang Dafi seperti yang diceritakan Vincent.

Trek licin ditambah pula ban sponsor. Pokoknya bumpy dan berpasir di sirkuit Pantai Depok. Perosalan itulah target 7,5-7,6 detik gagal didapat. Bukan hanya matic 200, rupanya semua kelas. Ditambah peserta menantang angin laut yang malam bertiup kencang.   “Selain klep lebih kecil, kompresi pun diturunkan yakni 13,5:1, durasi kem masih sama,” jelas Ahmad Fauzi alias Tonk Sonic, mekanik VRG.

Lima podium kelas yang diikuti 12 starter itu memang mencuatkan tim-tim langganan penguasa kelas ini. Posisi kedua ada Bayu Ucil yang gas matik 200 milik HA feat HK Mc Racing (Tegal). Brosist juga paham, tim yang didiukung mekanik Budi ‘Bogel’ Tatto itu makin diperhitrungkan. “Alhamdullilah masih bisa bersaing. Kendala di rasio, terlalu enteng. Makanya, Ucil sliding-sliding. Kurang beruntung aja nih, lawan lagi di AHRS  minggu depan,” lantang Bogel. Wow!

Lalu, ke mana M. Arief Sigit Wibowo alias Pele? Nama timnya memang tak muncul di daftar jawara lima besar. “Posisi 3, 4 dan 5 bikinan saya. Time tipis 7,8, semua, koma kecil,” komentar Pele.  

Tipis memang. Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Pantai Depok, Jogja, 1 Agustus 2015

Drag Bike 2015 Jogja (Kejurnas): Matik 200 Milik Mio R9 VRG, New Spek!

Drag Bike-MotoPrix-Motocross-2015; 3 In 1, 70 Tahun Indonesia Merdeka, Balapmotor Bangkit!

Drag Bike 2015 Jogja (Kejurnas); Bebek 200 Jatim vs Jateng

BAGIKAN