nhk

Drag Bike 2015 Kejurnas Situbondo Jatim: Sinyo vs Galih di Bebek 4 -Tak TU 130 cc, Catatan 8,3 Detik

ManiakMotor – Nama Sinyo Marcel memang belum banyak dikenal khususnya di drag  seputaran Jatim. Namun nyatanya Sinyo mampu menunjukkan talenta balapnya dengan memetik kemenangan di salah satu kelas bergengsi yakni bebek 4-Tak TU 130 cc di seri kelima CST Kejurnas Drag Bike Situbondo, Jatim, pada Minggu, 24 Mei 2015.

Sinyo yang gabung di tim Sawit K-Ijo T.Y.B melesat 8,332 detik di babak final sekaligus menggoyang dominasi joki kenamaan Jatim dan Jateng sekaliber Adi S Tuyul, Jhon Pk, Yopi Nexcom, Galih Dwi dan rekan satu timnya Alvan Cebonk yang juga geber Jupi milik Mpek itu. Kata Rafael si koki, mesin kunciannya pada racikan kompresi 13,9 : 1 yang didapat dari piston berlabel FJN berdiameter 55,25 mm.

“Kompresi memang sengaja dipatok segitu untuk menyiasati si karet bundar yang kurang ngegrip, juga lintasan yang memang sikit licin,” beber mekanik asal Madiun, Jatim, itu sembari mengaku pasang spuyer main jet 110 dan pilot 62.

Artinya dengan kompresi yang tak terlalu besar justru bikin motor lebih smooth sehingga ban di roda belakang nggak kebanyakan spin. Dan, manjur memang. Terbukti si Sinyo mampu start dengan mulus nyaris tanpa kesalahan di garis start. “Power-nya memang terasa lebih halus namun ngisi terus dari putaran bawah sampai atas,” komentar Sinyo dengan senyum kemenangan. Ya pasti bahagia dia, lha wong jadi number one Bro!

Sementara itu Galih Dwi yang gaspol dengan Jupi Pell mampu kedua dengan catatan 8,355 detik. “Roda depan saya kelamaan ngangkat mas,” dalih Galih. Hampir sama dengan nasib Jhon PK yang juga pakai motor sama, juga gagal cetak best time di lintasan Jl. Kendit Panarukan yang jadi tempat perhelatan akbar kali ini. ” Roda belakang kebanyakan spin saat di garis start, ditambah lagi roda depan juga ngangkat pas pindah gigi 1 ke 2,” sesal Jhon yang harus puas kelima.

Kesalahan Jhon tak disia-siakan Yopi Nexcom dengan Supra-nya yang melesat 8,391 detik dan ketiga disusul Alvan Cebonk dengan 8,406 detik dan bertengger di posisi tercepat keempat. Selamat yak! GS

Baca Juga

Drag Bike 2015 Kejurnas Situbondo Jatim: Sepi dan Hanya 149 Starter, Ada Apa Gerangan ?

Drag Bike 2015 Jelang Kejurnas Situbondo: Conk’s Speed Absen, FU Pell Tanpa Lawan

Drag Bike 2015: Ninja TU TYB K-Ijo, Ini Bukti Knalpot Bertaji 6,9 Detik!

BAGIKAN