nhk

Drag Bike 2015 Magelang; ‘Pukulan SOHC’ Awal Tahun, Bebek 200!

 

ManiakMotor – Fakta itu yang terjadi di Magelang Drag Bike 2015 (11/1) kemarin di Jawa Tengah. Jupiter Z milik Samudra Pitik Sukoharjo yang jadi wakil SOHC (single over head camshaft) memukul beberapa DOHC (double over head camshaft) di  final Bebek 4-Tak Tune Up 200 cc di event garapan BSMC itu.

Pukulannya memang belum sampai bikin KO alias knock out. Masih  ada FU milik A4 MSS Rama Dieta (Magelang). FU tersebut diorder ke Conk’s Speed yang tetap mengunci Bebek 200 bersama joki  Dwi Galih (Boyolali). Catatannya waktunya 7.563 detik.

Benny Sastro Atmojo yang gaul disapa Benysta selaku kliker Jupiter Z kelir Ijo itu, merasa tak puas. Baginya, mengalahkan DOHC sudah ‘biasa’, “Justru targetnya catatan waktu, kali ini jauh dari target. Paling tidak 7,4-7,5 detik, sekarang malah 7,7 detik,” kilah Benny. Iya tuh, jauuuuuuuuuh yaaaaa, nggak kelihatan, hehe.

Paling tidak, hasil itu memotivasi kliker SOHC lain. Dalam pantauan, bukan kali pertama Jupiter itu bersaing. Selama langit belum runtuh, perlawanan nggak boleh stop, bro. Cari terus elmunya agar tuh mesin jadi DOHC, eh salah. “Tetap memaksimalkan diameter piston 66 mm untuk sampai pada kapasitas 200. Strokenya saya akali naik 2 mm. Tapi kan isi silinder tak melulu penentu kecepatan,” kata Benny yang mengandalkan karbu PJ 34 mm terserbut.

Macam Jupiter korekan M. Arif Sigit Wibowo alias Pele yang ‘fenomenal’ itu, Beny yang aslinya kalem punya konsep sama. Ia optimalkan gas bakar yang masuk untuk efisiensi volumetric dengan memainkan durasi kem 287 derajat. Teknik itu agar Jupiter melawan dengan FU yang bermesin tegak. “Utamanya kombinasi kompresi dan dan desain noken-as,” urai Benny sambil sebut pakai perbandingan kompresi 13,2:1.

Benny juga berharap pemahaman joki dari Mamud Arjuna (Klaten) dan Niko Sakau (Kudus) pada kakter Jupie-nya. Maklum dengan mesin yang sudah dikorek sampai habis, mesin akan berperilaku abnormal, hehe.  Untuk menstabilkan putarannya saja, butuh keahlian dari pergelangan tangan joki agar pas dengan semburan tenaga saat start.

Sementara suksesnya FU basic Conks Speed sendiri sudah diprediksi. Mengingat dalam beberapa event, khususnya Jateng-Jogja FU itu kerap podium. Apalagi bila bermain single, maksudnya tak ada FU Conks yang lain. Hahah…  Jadi pertanyaan juga, macam mana  FU karya CMT alis Cak Moed di event ini, “Iya, memang  naik FU CMT yang diorder tim lokal Magelang. Tapi sepertinya, belum melawan,” sahut Hendra Kecil (Magelang) yang mengebut FU ‘pesaing’ kuat FU Conks itu. Ardel 

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Magelang, Jateng, 11 Januari 2015

Hasil Drag Bike Lumajang, Jatim, 11 Januari 2015

Hasil Drag Bike Atang Senjaya, Bogor, Jabar 10 Januari 2015

Drag Bike 2015 Magelang; Hendra Vs Bowo, ‘Cewek Muyus’ Ninja TU 6,9 Detik!

Drag Bike 2015 Bogor: Matic 300 Duel Ganas Yong Dan Tomo Speed

Drag Bike 2015 Lumajang Jatim: Jupi Uye 3 Podium Bebek 4T TU 130 cc, Pancen Ooye!

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353