nhk

Drag Bike 2015: New Mio 200 Jocell Karya Pele, Ganti Profil Kem, Koreksi Kompresi

ManiakMotor – Ini Yamaha Mio masih dikembangkan untuk kelas Matik 200. Dilihat dari sosok yang membangun dan timnya, peluangnya besar. Besar untuk acak-acak kelas yang banyak didominasi motor dari Jakarta, Jabar  dan tentu saja juga kota asal perancang matik yang sedang ditulis ini, yakni si Pele dari Boyolali, Jateng.

New matic 200 ini, milik tim Jocell yang bermarkas di Jl. Syech Quro, No.84, Lamaran, Karawang Timur, Jabar. Ya dari Jabar juga, tapi seperti dibilang tadi, pembuatnya si Pele dari Pell Racing.  “Fokusnya pada kem dan kompresi. Keduanya sedang digodok agar motor siap tarungtahun depan dan akan dicoba lagi di final Drag Bike AHRS,” jelas Galih Dwi, pembalap sekaligus mekanik tim Jocell.  

Sebenarnya, Mio ini sudah dilepas di event Jababeka pada akhir Oktober lalu. Namun belum memuaskan. Saat dikebut Yudhistira Zebir time masih berantakan walau posisi kedua saat itu. Karena itu, kem diprofil ulang dan kompresi dikoreksi.

Durasi kemnya dipatok  272o untuk masuk dan buang 270o, nggak terlalu lebar durasinya. Tapi, tentu ada perhitungan efisiensi gerak di sana. “Karena dihitung bersama langkah torak dan diameter silinder,” kata Galih yang masih keberatan menyebut soal kruk as dan piston yang digunakan.

Yang pasti juga berhubungan dengan kompresi yang sikit-sikit dibocorkan oleh Galih, yakni perbandingan kompresinya 13,5:1.  “Perbandingan ini memang kurang tinggi. Tapi punya epek pada putaran mesin yang bisa lebih besar. Torsinya juga nggak terlalu liar,” analis Galih dengan membayangkan bisa berlari 7,4 detik sebagai target time.

Ditunggu. Rzk

BACA JUGA

Hasil Drag Bike GDS Klaten, Jateng 1 November 2015

Drag Bike 2015 Klaten; Adu Gengsi, Chodox Vs Sakau, 23 Point!

Drag Bike 2015: Ninja 155 TU Simple Concept, Gigi Rasio Matik Belum Ketemu Untuk 6,8 Detik

Drag Bike 2015 Jelang Klaten; Duel Gemulai Joki Cewek, Monita PW Vs RF Kiky, Bracket 9 Detik?

Drag Bike 2015 Jelang Klaten; FU OMR Samodro Vs Faster Chiki PM, Duel Setting Mesin!

BAGIKAN