nhk

Drag Bike 2015; Ninja TU ABRT, CDI Vortex, Target Pecahin Rekor 6,8 Detik!

ManiakMotor – Beralih dari CDI (Capasitor Discharge Ignition) manual ke CDI programmable berlabel Vortex. CDI seharga Rp. 7,5 juta itu diyakini AB Bendol punggawa ABRT (Salatiga) akan pecah-pecahin  rekor Ninja TU 6,8 detik. Wow…!

Instruksi itu langsung si pemilik motor yakni Mukmin dari Balikpapan, Kalbar dan owner Abakura. Jelas ini harus dibuktikan. Wkwkwk…  Namanya CDI yang bisa deprogram, berarti boleh diatur sesuai konsep korekan dan karakter joki. “Juga limiter rpm mesin bisa diatur disesuaikan dengan kemampuan mesin dan cara bawa joki,” terang Bendol seraya sebut penyesuaian yang dilakukan yakni perbandingan kompresi dan seting karbu berubah drastis.

Kompresi  pokoknya lebih tinggi untuk menaikkan torsi pada gaya Dwi Batank (Semarang) yang doyan power liar. Batank memang langganan menggeber Ninja TU ABRT. “Karbunya masih PWK 41 mm, tapi pilot jet-nya naik lebih gede dari 65 jadi 72. Sebab pembakarannya sekarang presisi yang bisa diatur,” tambah Bendol.

Pakai CDI macam begitu, basis powernya harus kuat dulu dan CDI berperan sebagia penunjang.  “Tugas mekanik  CDI Programmable dituntut lebih jeli. Harus tahu kapan kurva pengapian dibuat dengan peningkatan grafik kasar atau lembut. Belum lagi dengan  pertimbangan grafik nilai HP dan torsi mesin,” komentar M. Arief Sigit Wibowo alias Pele yang terbiasa dengan CDI programmable pada 4T. 

Tantangan lain, Bendol  harus bisa memprediksi dan mengetahui kapan saat power produktif mesin berakhir. Kalo sudah bisa, nah lebih mudah geser kurva pengapian sehingga mesin bisa produktif. “Rencana hari ini mau setting sekaligus belajar di sirkuit GDS Klaten. Tapi malah sirkuit lagi diapakai buat latihan bareng,” tutup Bendol yang memberi sinyal usahanya sekarang demi Final AHRS Drag Bike awal Desember mendatang.

Nah lo! Ardel

BACA JUGA

Drag Bike 2015 Jelang Kudus dan Cimahi; Pendatang Baru Ninja TU Gila Balap, 7,0 Detik Knalpot Creampie!

Drag Bike 2015: Mr Conk’s Coba Laher TK Racing Pada FU 200 Terbaru

Drag Bike 2015; Onyez Dari Joki Jadi Mekanik, Pas Tuh

Drag Bike 2015 Jelang GDS Klaten: Campuran 2T 140 cc, Bebek Vs Sport!

Drag Bike 2015 Jelang Final AHRS Pati; Chodox Mengelus Super FFA, Motor Misterius..!

BAGIKAN