nhk

Drag Bike 2016 AHRS Gunung Kidul: Bebek 200 4T TU, 1-6 Cetak 7.2 Detik, Ilmu Mekanik Rata

 

 

ManiakMotor – Bukan main, ilmu menghitung korekan mesin di Bebek TU 200  cc 4T sudah rata. Kelas yang diisi  Satria FU yang dibore up sampai 200 cc itu, satu sama lain mekaniknnya pintar mengatur mesin berlari 200 meter. Nggak ada lagi cerita si ini pake ini, si itu pake itu bisa juara.

Buktinya penyisihan di drag bike AHRS Wonosari, Gunung Kidul, Jogja pada 27 Maret ada enam pembalap bikin 7.2 detik. Itu diwakili empat tunner. Saat final mengerucut tinggal empat pembalap yang 7.2 detik yang diwakili tiga mekanik.

“FU saya yang juara. Membangun mesinnya ebih detil, persaingan makin ke sini kian rame, haru konsentrasi,” kata Fauzan Conk’s yang FU bikinannya atas nama K-Ijo dan juara lewat pengebut Ade Brongki dari Kediri.   

Juaranya pun bukan pembalap yang punya nama. Tahu kenapa begitu? Ya karena ilmu mekanik merekayasa power telah sejajar. Mau ganti-ganti joki, asal jokinya seimbang, apalagi motornnya sikit unggul, tinggal dibantu doa saja. Maka jangan heran nama Eko Chodox dan Alvan Chebonk nggak muncul di sini. Sebelumnya juga kelas ini hanya dikuasai tiga  tunner di Indonenesia. Itu dia si Conk’s, Abakura dan Cak Moed.

Kini muncul dua ‘insinyur’ FU macam Arie V-Reinz atau Arif Sigit Wibowo alias Pelle dari Pells Jaya. Khusus si Pelle dapat titik terang develop FU-nya sejak akhir tahun lalu. Dia berhasil menghitung efesiensi mesin DOHC tersebut. “Jadi catatan rekor itu bukan kebetulan 7.1 detik. Sudah memang begitu perjalanan ilmu koreknya. Kompetisi berjalan, akal mekanik juga berlomba,” kata Pele yang di Wonosari ini menempatkan Dwi Batank ke-2 dan Galih Dwi ke-4.

Catatan 7.2 tadi memang ada unsur dari sirkuit yang rada menurun. Ada sikit tambahan power disumbang turunan. Namun, tetap jadi prestasi dong, mereka telah membawa piala ke rumah. Apalagi sama-sama berada di lintasan yang podo alias samimawon. Rzk  

BACA JUGA

Hasil Drag Bike AHRS Wonosari, Gunung Kidul, Jogja, 27 Maret 2016

Hasil Drag Bike Purbalingga, Jateng 27 Maret 2016

Drag Bike AHRS 2016 Gunung Kidul: Final FFA, Ninja Poter Gantian Dapat 6.9 Detik, Best Time Codet

Drag Bike AHRS 2016 Gunung Kidul: Final 130 TU 4T Milik Chebonk, 1-6 Dapat 8.0 Detik

Drag Bike AHRS 2016 Wonosari: Penyisihan Super FFA, Ninja ABRT20 SSS Moto 1 Racing 6.9 Detik

BAGIKAN