nhk

Drag Bike 2016 AHRS Sukoharjo: Jetting Karbu UMA Di Bebek 130 Bikin Juara Jupie V-Reinz

 

 

ManiakMotor-Tepat dan cerdik tentukan set up dilokasi trek. Peka ‘membaca’ perubahan cuaca adalah salah satunya. Itu sih kemampuan dasar seorang mekanik balap. Bagian itu juga sangat dituntut. Sekaliber Ari Setyawan (V-Reinz Racing), ilmu simpel tapi mutlak sudah di luar kepalanya.

Seperti itu yang membuat Jupie V-Reinz juara Bebek 130 cc 4T TU di seri pertama Drag Bike AHRS di Sukoharjo, Jateng (14/2) lalu. “Babak final dimainkan pada cuaca yang lebih adem. Setting ulang jetting, dari awalnya 110 jadi 108 dengan karbu UMA 30. Cekek dikitlah agar dapat panas,” sebut Ari ‘V-Reinz’ yang hadir langsung di lintasan.

Jupie ini memang bukan main sepak terjangnya, penyisihan dan final tercepat. Penunggangnya Jhon PK (Madura) yang di penyisihan 8.153 detik dan final 8.096 detik. Waw… hampir di bawah 8 detik. Itu artinya, setting jetting tadi, tak hanya mampu menghantarkan ke podium terhormat tapi mampu mempertajamnya.

Tembus 8.0 detik membuktikan korekan Ari di bebek 130 cc 4T TU menghasilkan power yang dahsyat. “Jupie ini sudah tembus 8.0 detik saat main di Purwodadi bersama Eko Chodox. Power kuat dengan perbandingan kompresi 15.8:1. Kompresi ini disiram bahan bakar yang diolah karbu UMA tadi yang disalurkan klep  titanium KXF 250 dimater 29.5 mm in dan out 24 mm,” sebut Ari yang ternyata sudah pindah domisili dari Bali ke Magelang, Jateng. Pantas main melulu di Jateng.

Posisi kedua juga jadi milik Jupie V-Reinz yang dikebut Yuns Bonce (Solo). Itu motor berbeda dengan John PK. Bonce atas nama V-Reinz IRM PJM (Ternate). Bagi Bonce hasil ini spesial, lantaran kembali menghantarkan namanya ke podium. Pada beberapa event sebelumnya, Bonce terpantau absen. “Bersyukur atas hasil final bebek 130 cc kemarin. Itu jadi kado spesial, karena di hari yang sama aku berulang tahun,” ujar Sofian, bos TiKi (Titipan Kilat), Ternate, Maluku Utara.

Secara teknis, spek yang dipacu oleh Bonce sudah diulas di http://maniakmotor.com/index.php/dragbike/10892-drag-bike-2016-ahrs-sukoharjo-irm-pjm-ternate-hadangan-jupie-130-karya-ari-v-reinz. Oleh Ari, “Keduanya serupa tapi tak sama. Ada perbedaan di diameter klep, untuk rasio dan jetting nyaris sama,” kata Ari yang tak menampik kalo doi sedang siapkan Jupie terbaru dengan kans power yang lebih menjanjikan.

Kita tunggu saja, di event Semarang, Minggu ini (21/2) di sirkuit PRPP, Tawang Mas, Semarang, Jateng. Lalu, ke mana Jupie MBKW2 yang jadi pesaing terberat V-Reinz? Juga ada apa dengan Jupie Faster Chiki Poetra Mahesa korekan Agus kenthoes? Ehh..macam mana lagi Jupie Samodro Pitik hasil Benny Sastro Atmodjo selaku tuan rumah. “Ada trouble, piston macet,”singkat Ajay, asisten ahli MBKW2 di drag bike.

Justru yang muncul dipodium ketiga, Jupie SJRT Uye-Yue Korean Rizky Bendol (Kediri) dengan Yogie Keycot (Caruban). Oke, sampai jumpa di tantangan berikutnya! Ardel

BACA JUGA

Hasil Drag Bike AHRS Sukoharjo, Jateng 14 Februari 2016

Drag Bike 2016 AHRS Sukoharjo; Set-Up FU CMT Di Lokasi Bebek 200 TU 4T, Bikin Juara, Galeri Foto!

Drag Bike 2016; All New Satria F150 Fi (Injeksi), Rekor 6.7 Detik! Power Melimpah..

Drag Bike 2016 AHRS (Seri 1) Sukoharjo; Rapi Kan Jokinya Dengan Baju Balap..! Galeri Foto

Drag Bike – Road Race: STOP PRESS! Cooming Soon, Bandrex Part Racing, Riset Mekanik Senior!

 

BAGIKAN