nhk

Drag Bike 2016 Cimahi: Alasan Robot Juara Bebek 130 Tune Up (TU) 4 Tak

 

 

ManiakMotor – Tempe, eh tahu kan CDI BRT? Ini CDI lokal generasi pertama. Nggak terbantahkan soal memetakan pengapian. Macam Jupiter trek lurus milik D&h bien Ius Motor, juara di  Bebek 4T TU 130. Tepatnya di GCRT Mimaki Samhari Sumber Production Dragbike 201 M di lapangan Brigif, Cimahi, Jabar pada Sabtu 6 Februari 2016.

Itu motor digeber Asep Robot dan Ayip Rosidi. Robot juaranya, karena dia memang seorang robot, hehe. Robot yang dari nama depannya pasti orang Sunda ini dan memang orang  Bandung, Jabar itu, hanya mencetak 8,697 detik. Masih jauh dari rata-rata pada kampiun di kelas ini.

Kenapa time-nya hanya segitu? “Lintasannya licin, menaikan putaran mesin dan melepas kopling kudu halus di start. Di area itu berpasir, itu pun masih muncul gejala spin,” jelas Asep yang ditempel rekan setimnya dengan motor yang sama si Rosidi. Berapa catatan Rosidi silakan lihat hasil.

Langsung bertanya pada Sanul. Ya begitu namanya, Sanul doang sebagai mekaniknya. Katanya, mudah menyetel CDI BRT. Bisa langsung cocok dengan onderdil lainnya. Bisa pula disetel menyesuaikan dengan kompresi.  “Tadinya pakai kompresi 13,5:1, tapi kurang, torsinya agak lemot. Ini juga dipengaruhi karbu PWK28. Makanya sekarang pakai kompresi 14,5:1,” jelas Sanul.

Untuk putaran bawah yang kuat dihasilkan kompresi tersebut, diimbangi durasi kem yang lebar. Supaya atasnya nggak kalah-kalah amat. Semoga si amat dengar. Profile kemnya 280o, tapi CDI BRT disetel pada limiter 14.500. Pokoknya mantap deh tarikannya, buktinya juara kan. Rzk  

BACA JUGA

Hasil Drag Bike Cimahi, Jabar 6 Februari 2016

Hasil Drag Bike Kebumen, Jateng, 7 Februari 2016

Drag Bike 2016 Cimahi; FU-Ninja TU Taken’s H. Andi-Luthfi Digeber Oky Camat

Drag Bike 2016 Kebumen; Chodox VS Batank Vs HK, Support By PJRM Speed Shoop!

Drag Bike 2016 Kediri; Ninja STD-TU ABRT Vs Potter, Rasio Dan Piston Moto 1 Racing Mission!

 

BAGIKAN